Iklan

Iklan

,

Iklan

Program TMMD ke 115 kodim 0621/kab Bogor Bangun Poskamling di Desa Banyu Asin

Republiknews
Sabtu, 29 Oktober 2022, Oktober 29, 2022 WIB Last Updated 2022-10-29T05:38:27Z


Republiknews.com, Bogor - Pembangunan fisik pada program TMMD ke 115 Kodim 0621/Kab.Bogor juga menyasar pada pembuatan Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan) yang letaknya berada di titik 0 Desa Banyu Asih Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Dan saat ini pembangunan fasilitas umum tersebut dalam pengerjaannya sudah terlaksana lebih kurang sekitar 50 persen.


Pembuatan Poskamling itu sendiri sudah pasti akan digunakan sebagai sarana berkumpul warga desa yang akan bertugas menjaga keamanan atau siskamling atau juga disebut ronda. Namun keamanan yang dimaksud selain terkait dengan kejahatan dilingkungan misalnya perampokan, tawuran warga dan lain sebagainya, keamanan desa yang dimaksud lainnya yaitu bencana alam. Di pos ronda yang dibangun nantinya juga akan dilengkapi dengan kentongan yang akan digunakan saat terjadi suatu marabahaya apapun. Penjelasan tersebut disampaikan oleh kapten Inf Tatang Taryono selaku Danki Ssk TMMD.


" Poskamling selain sebagai sarana bagi warga untuk menjaga keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda yang dilakukan oleh warga masyarakat sekitar, tentunya keberadaan Pos kamling dapat juga difungsikan sebagai sarana untuk warga berkomunikasi saling berbagi informasi." Ujarnya Tatang.


"Dengan dibangunnya pos keamanan lingkungan ini atau pos keamanan desa tentunya warga masyarakat setempat akan dapat lebih nyaman lagi saat mereka melaksanakan jaga malam/ronda. Karena mereka yang ronda pastinya juga membutuhkan tempat yang nyaman, bila hujan pun mereka masih bisa Jaga malam/ronda, karena mereka sudah ada tempat sehingga tidak kehujanan." Tambahnya.


Kegiatan ronda itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan keamanan swakarsa dan sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya keamanan ketertiban masyarakat. Dan dengan adanya kegiatan ronda tersebut diharapkan masyarakat juga mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga sambil menjaga keamanan lingkungannya masing-masing.


"Dengan dibangunnya pos kamling ini kami berharap warga masyarakat akan semakin semangat dalam menjaga keamanan lingkungannya. Dan himbauan saya kepada warga masyarakat, agar keberadaan pos kamling ini harus tetap dijaga dan dipelihara, agar dapat digunakan dengan kurun waktu yang cukup lama." Pungkasnya.(Hera)


pjt

Adv 1

i

Adv ll

Adv lll

ads iv

ads v

ads vi

ads xiii

ads vii