Iklan

Iklan

,

Iklan

Progres TMMD 115 Makin Maksimal

Republiknews
Rabu, 19 Oktober 2022, Oktober 19, 2022 WIB Last Updated 2022-10-19T04:52:46Z


Republiknews.com, Bogor - Pelaksanaan pengerjaan Program  Tentara Manunggal Membangun Desa ke 115 di wilayah Cigudeg Kabupaten Bogor hari ini Rabu 9/10/22 sudah memasuki hari kesembilan. Dimana hasil dari pengerjaan program tersebut sampai hari ini sudah semakin maksimal. Diantaranya pembangunan atau renovasi Rutilahu yang sudah sampai pada tahap pemasangan dinding, kemudian renovasi Masjid sudah sampai pada pengecetan dinding, serta pembangunan pembukaan jalan sudah sampai pada tahap perataan.


Melihat pembangunan program TMMD di wilayahnya, warga masyarakat pun semakin senang, bagaimana tidak, akses jalan menuju luar desa yang selama ini sulit dilaui sebentar lagi sudah bisa digunakan. Sebenarnya jalur desa Panunggangan kecamatan Banyuasih menuju desa Rabak Rumpin memang ada, hanya saja jalan tersebut cuma jalan setapak dan rusak yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Dan struktur tanahnya pun hanya tanah merah yang jika hujan menjadi sangat licin, kemudian menanjak . Sehingga warga masyarakat setempat jika ingin keluar desa harus memilih melalui jalan yang lebih baik, walaupun harus menempuh perjalanan yang jauh sehingga memakan waktu yang lebih lama.


Dan saat ini warga desa Banyu Asih sedang menanti hasil pembangunan program TMMD ke 119. Mereka berharap nantinya jalan yang sudah dibangun dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.


" Desa berbeda dengan kota yang dinilai lebih maju dan berkembang. Desa memiliki permasalahan yang lebih besar, mulai dari kemiskinan yang lebih tinggi, kesehatan yang rendah, konsumsi masyarakat rendah, SDM yang lebih rendah, sarana dan prasarana yang lebih sulit dibandingkan dengan kota, dan tingkat pendidikan yang bisa dikatakan lebih rendah juga, Permasalahan yang ada hanya dapat diatasi dengan adanya pembangunan di desa. Pembangunan yang dilakukan salah satunya agar dapat berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Kita harus memahami bahwa pentingnya pembangunan desa dalam pembangunan nasional." Ujar Letkol Kav Gan Gan Rusgandara selaku Dandim 0621/Kab . Bogor.


Selain pembangunan pembukaan jalan, program TMMD ke 115 lainnya juga menyasar pada pembangunan atau renovasi rumah tidak layak huni, di mana melalui program ini ada dua rumah yang akan di renovasi. Rutillahu yang akan dibangun tersebut berada di kampung Cijantung dan juga kampung Cilangkap. Untuk di kampung Cijantur pembangunan rutilahu sudah sampai pada pemasangan dinding dan juga pembuatan turap. Turap adalah dinding penahan tanah.


Membangun sebuah rumah di atas lahan yang miring tentu sangat beresiko, terutama saat terjadi guncangan yang bisa mengakibatkan longsor. Oleh karena itu untuk menahan tanah pada lahan yang miring agar tidak beresiko tinggi dari guncangan maupun longsor, diperlukan dinding penahan tanah atau dikenal dengan turap. Membangun turap tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena setiap jenis turap memiliki spesifikasinya berbeda-beda.


Walaupun di tengah cuaca yang tidak menentu namun pengerjaan program TMMD ke 115 terus dilakukan semaksimal mungkin agar nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal.(Hera)

Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll