Iklan

 


Iklan

 


,

Iklan

Warnai Hari Sumpah Pemuda, Gugus Paud Ca Nai Manggarai Gelar Berbagai Perlombaan

Republiknews
Senin, 31 Oktober 2022, Oktober 31, 2022 WIB Last Updated 2022-10-31T02:43:10Z

 


Manggarai, Republiknews.com- Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Guru sedunia dan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia bertajuk "BERMAIN BERBASIS BUDAYA UNTUK JIWA ANAK YANG SEHAT" Gugus Ca Nai mengadakan perlombaan di PAUD St.Juliana,Golo Bilas,Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT menyelenggarakan berbagai perlombaan, Sabtu(29/10/2022).


Acara yang dimulai pukul 10.00 wita itu, dimeriahkan oleh anak usia dini dari beberapa lembaga PAUD dan TK diantaranya, PAUD Madre Margherita Ricci, PAUD Bunda Maria Grazia, PAUD Santa JULIANA dan PAUD Hamba Maria,PAUD Petra dan PAUD Bunda Maria Berdukacita, yang tergabung di gugus “Ca Nai” se-kecamatan Langke Rembong.


Kegiatan perlombaan diawali dengan doa pembukaan, nyanyian lagu indonesia raya dan dilanjutkan dengan tarian "Tiba meka" yang dibawakan oleh guru-guru paud kemudian dilanjutkan dengan beberapa tarian lainnya, diantaranya Tarian Benggong, Ciar Cumpe, Senam Pancasila, Cerita pahlawan Motang Rua  dan Ikrar Sumpah Pemuda.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bunda PAUD  Kec. Langke Rembong, ketua pkg kartini,tokoh budayawan manggarai Felix Edon, Lurah Tenda, Lurah Bangka Leda, Tim Juri, Pimpinan Biara, para guru-guru,orang tua murid dan beberapa Bunda PAUD kelurahan dari Kecamatan Langke Rembong.


Dalam sambutanya, ketua Gugus PAUD Ca Nai Sr.Agrasinda Baros,AHKYB menyampaikan syukur dan terimakasih atas berlangsungnya acara tersebut.


"Kita menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena acara pagi ini bisa berlangsung setelah 2 bulan ini para guru dan anak-anak berlatih keras dan disiplin untuk menampilkan segala sesuatu dan kemampuan mereka pagi ini", Ungkap Sr Agrasinda.


Sr Agrasinda juga menyampaikan bahwa kegiatan pagi ini juga diikuti oleh lembaga PAUD yang tergabung dalam Gugus Ca Nai. Ada kelompok bermain, ada satuan Paud sejenis dan juga ada tempat penitipan anak.


"Jadi memang kami mengangkat nilai-nilai  budaya terutama nilai budaya manggarai untuk diperkenalkan kepada anak-anak dan kami angkat itu sebagai materi pembelajaran di PAUD, karena kalau mereka banyak mengenal nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam budaya-budaya manggarai mungkin itu yang mereka bisa hidupi dan hayati, itu yang menjadi dasar mereka untuk tumbuh kembang jadi anak yang baik dan kita berharap nanti ketika mereka dewasa juga akan tumbuh sesuai yang kita harapkan," Jelas Sr Agrasinda.


Lebih lanjut, dia menjelaskan Gugus PAUD Ca Nai itu adalah salah satu gugus yang ada di Kecamatan Langke Rembong di dalamnya ada lembaga paud, kelompok bermain, satuan Paud sejenis dan tempat penitipan anak. Tapi yang ikut kegiatan hari ini itu anak-anak dari kelompok bermain dan satuan paud sejenis diantaranya, PAUD Madre Margherita Ricci, PAUD Bunda Maria Grazia, PAUD Santa JULIANA,PAUD Hamba Maria, PAUD Petra dan PAUD Bunda Maria Berdukacita,  yang tergabung di gugus “Ca Nai” se-kecamatan Langke Rembong.


Dirinya berharap agar kegiatan  seperti ini bisa terus dilestarikan agar bisa menumbuh kembangkan nilai budaya kepada anak-anak agar lebih ditingkatkan.


" Dengan memperkenalkan nilai luhur budaya manggarai kepada anak-anak usia dini, maka mereka akan semakin mencintai kebudayaan manggarai," tutup dia.



Nestor Madi



Adv 1

i

Adv ll

Adv lll

ads iv

ads v

ads vi

ads xiii

ads vii