Iklan

Iklan

,

Iklan

Abon Cakalang dan Stik Pisang Goroho jadi Produk UMKM Pelajar MA Al Khairaat Bitung

Republiknews
Senin, 21 November 2022, November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-21T14:47:33Z
Moment saat Launching Al Khairaat Creation di halaman Sekolah MA Al Khairaat Kota Bitung, Sulut. Senin(21/11/22)


Republiknews.com, Bitung - Siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Al Khairaat Kota Bitung, Sulut mampu  menghasilkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa Abon Ikan Calakang dan Stik Pisang Goroho.


Kedua produk itu habis terjual usai pelaksanaan launching Al Khairaat Creation, pada senin pagi(21/11/22), yang dibuka langsung oleh Ketua Utama Al Khairaat, Habib Sayyid Dr. Alwi Bin Seggaf Al Jufri, di Madrasah Aliyah Alkhairaat Girian bawah. 


Kepala MA Al Khairaat, Nirmala Sarib mengatakan anak anak memiliki potensi kreativitas menghasilkan produk UMKM  dan  akan dipasarkan sebagai produk kearifan lokal. 


" produksi dan kreasi siswa -siswi dari MA Alkhairaat kelas XI IPA/IPS sebagai tugas mapel Prakarya  siap untuk dipasarkan produk kearifan lokal. produk unggulan abon cakalang dan  stik goroho di dukung dan di sponsori oleh KOMDA Alkhairaat Bitung Sadat Minabari yang sekaligus sebagai Kepala Dinas Perikanan kota Bitung ." ujarnya. 


Menurutnya, sebelum launching dilaksanakan, pihaknya telah melakukan audience langsung dengan Kakankemenag Kota Bitung, Yahya Pasiak kemudian dengan Kepala Balai POM Manado, Dra Hariani Apt dalam rangka kordinasi terkait  launching produk yang dihasilkan. 


Alkhairaat creation merupakan wadah kreasi bagi para pelajar untuk mengekspresikan berbagai karya,  diantaranya adalah Abon Cakalang dan Stik Pisang Goroho.


Sadat Minabari, selaku Komda Al Khairaat Kota Bitung berujar bahwa produk umkm yang dihasilkan saat ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi Al Khairaat dan sejalan dengan program pemerintah Kota Bitung. 


Hal senada disampaikan oleh Kakankemenag Kota Bitung, Yahya Pasiak dengan apresiasinya terhadap para pelajar MA Alkhairaat. 


Menurutnya, tumbuhnya umkm dilingkungan sekolah adalah bentuk proses pembelajaran yang luar biasa dari guru pembimbing. 


Pada pelaksanaan kedepan, Habib Alwi berpesan, produk umkm Al Khairaat  mampu terus berkembang serta memiliki nilai ekonomis, tentunya melalui berbagai bentuk kerjasama dengan semua pihak baik swasta dan pemerintah.  

Abon Cakalang salah satu produk umkm pelajar MA Al Khairaat Kota Bitung, Sulut



(Suryo)

Adv 1



Adv ll

Adv lll