Iklan

Iklan

,

Iklan

Irjen Kemenkumham RI Kunjungi Sulut

Republiknews
Senin, 14 November 2022, November 14, 2022 WIB Last Updated 2022-11-14T01:17:33Z
#HarisSukamto  #KumhamSemakinPasti  #KemenkumhamSulut  #KanwilKemenkumhamSulut


Republiknews.com, Manado - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Haris Sukamto menyambut kedatangan Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu bersama Inspektur Wilayah III Iwan Santoso di malam Bakudapa yang digelar di Lapangan Hijau Kanwil Kemenkumham Sulut. Minggu(13/11/22).


Acara bakudapa ini turut dihadiri oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis, serta pegawai pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut.


Sebagai pembuka acara, Haris mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Irjen Kemenkumham melakukan kunjungan ke Bumi Nyiur Melambai ini, khususnya ke Kanwil Kemenkumham Sulut. 


Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut memiliki motto "Kerja, Kerja, Kerja", namun tetap tidak lupa untuk membahagiakan diri sebagai bentuk rasa syukur. Hal tersebut menurutnya penting karena bekerja dengan rasa bahagia dapat membuat pekerjaan menjadi mudah. 


Senada dengan hal tersebut, Razilu menyampaikan kutipan yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI yaitu "To Live, To Love, To Learn, To Leave A Legacy", yang memiliki makna bahwa hidup tidak hanya untuk bekerja namun juga untuk berkarya, cintai apa yang dikerjakan, tetap belajar, serta lakukan yang terbaik yang dapat meninggalkan jejak positif. "Datang sesaat, membawa manfaat selamanya," ucapnya. 


Disisi lain, ia juga mengingatkan akan pentingnya integritas yang harus ditanamkan dalam diri setiap individu. "Integritas adalah melakukan sesuatu dengan benar sekalipun tidak ada yang melihatnya. Jaga selalu integritas dan berikan kinerja terbaik," pungkasnya. 


Sebelumnya, Razilu berkesempatan mengunjungi dua Unit Pelaksana Teknis yakni Rumah Detensi Imigrasi dan Rutan Kelas IIA Manado.


Agenda pertama dalam kunjungan ke Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI (Razilu) bersama Inspektur Wilayah III (Iwan Santoso) dan tim meninjau Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Manado. 


Kunjungan tim Inspektorat Jenderal (Itjen) tersebut didampingi langsung Kakanwil bersama para Kepala Divisi. Kepala Rudenim Manado (Robertus F. A. Sidharta) menyambut serta memimpin kunjungan tim Itjen untuk menunjukan area pelayanan yang ada pada Rudenim Manado. 


Tidak lupa, Irjen membahas terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Rudenim Manado. Irjen mengingatkan SOP harus jelas dan perhatikan hal-hal kecil untuk meminimalisir resiko buruk kedepan. 


Setelah mengunjungi Rudenim, Irjen beserta tim melanjutkan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado. Kedatangan Irjen bersama rombongan disambut baik oleh Kepala Rutan Manado (Deny Fajariyanto).


Rombongan langsung diarahkan ke Masjid At-Taubah Rutan Manado untuk melaksanakan Salat Maghrib bersama Warga Binaan Pemasyarakatan dan Pegawai. 


Kegiatan dilanjutkan dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Irjen. Dalam Tausiyahnya Razilu menyampaikan terkait Keimanan dan Ketaqwaan Allah SWT kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Jajaran Petugas Rutan Manado serta diakhiri dengan pemberian motivasi dan mengingatkan WBP agar tetap bersemangat dalam pengembangan diri setelah dibina di Rutan Manado dapat menjadi warga negara yang lebih baik lagi. 


“Jadikanlah Rutan sebagai tempat transaksi amal saleh bukan sebagai tempat maksiat.” Ujar Razilu menutup tausiyah.




Adv 1

 


Adv ll


 

Adv lll