Iklan

Iklan

,

Iklan

Upacara Peringatan HUT Aceh Timur Ke- 66 Tahun Berlangsung Khitmad

Republiknews
Kamis, 24 November 2022, November 24, 2022 WIB Last Updated 2022-11-24T14:06:35Z


Republiknews.com, ACEH TIMUR - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Aceh Timur yang ke- 66 tahun Berlangsung Khitmad.


Peringatan hari jadinya kabupaten di pesisir pantai timur Aceh ini dipusat di lapangan pusat pemerintahan setempat pada Kamis (24/11/2022), pagi.


Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin MSi yang bertindak sebagai pembina upacara mengajak masyarakat untuk memahami arti penting sejarah hari lahirnya Kabupaten Aceh Timur yang ke-66 tahun.


 “Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya sebagai Penjabat Bupati Aceh Timur menyampaikan selamat ulang tahun Aceh Timur yang ke-66 tahun. Dengan semakin bertambahnya usia, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Timur untuk bersama-sama memahami arti penting sejarah hari lahirnya Kabupaten Aceh Timur,” kata Ir Mahyuddin dalam pidato.


Pj Bupati juga berharap, kepada seluruh komponen masyarakat agar mampu menumbuhkan rasa bangga dan ikut memiliki, untuk bersama-sama berperan aktif dalam memajukan daerah. 


Menurut Ir Mahyudddin, upacara peringatan hari ulang tahun yang ke-66 Kabupaten Aceh Timur tahun 2022 yang dilaksanakan setiap tanggal 24 November, sebagaimana landasan yuridis undang-undang darurat Republik Indonesia nomor 7 tahun 1956, yang diundangkan di Jakarta pada 24 November 1956 oleh menteri kehakiman.


Kata Pj bupati, peringatan hari ulang tahun Kabupaten Aceh Timur tahun ini mengusung tema, "Aceh Timur berkelanjutan”. Menurutnya, tema tersebut memaknai pembangunan ekonomi secara berkesinambungan, pembangunan keberlanjutan, kehidupan sosial pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. 


“Upacara peringatan hari ulang tahun yang ke-66 Kabupaten Aceh Timur tahun 2022 yang dilaksanakan setiap tanggal 24 November sebagaimana landasan yuridis undang-undang darurat Republik Indonesia nomor 7 tahun 1956. Diundangkan di Jakarta pada 24 November 1956 oleh menteri kehakiman,” sebut Mahyuddin.


Ia menambahkan, melalui peringatan hari ulang tahun ini pula, dapat digunakan sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang kita raih saat ini, adalah berkat kerja keras para pendahulu kita.


Tugas kita melanjutkan pembangunan masyarakat yang islami, bermartabat, adil, dan demokratis menuju kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Timur, tambahnya.


“Dalam upacara peringatan hari ulang tahun Kabupaten Aceh Timur ini, perlu kami sampaikan bahwa dalam 2 tahun terakhir, secara umum Pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah berhasil mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan, walaupun kondisi pandemi Covid-19,” tuturnya.  


Kunci utama pembangunan, menurut Mahyuddin adalah kemudahan akses jalan, pelayanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan air bersih, dan program pembangunan terintegrasi lainnya, membawa gambaran yang baik dalam upaya pembangunan di Kabupaten Aceh Timur, dengan pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 sebesar 1,54 persen menjadi 1,94 persen pada Tahun 2021. 


“Dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut, sektor transportasi dan pergudangan mendominasi perkembangan ekonomi di Kabupaten Aceh Timur, dengan memberikan kontribusi sebesar 24,14 persen. Ini menunjukkan bahwa Kabupaten Aceh Timur memiliki potensi besar di sektor dan pergudangan, melalui infrastruktur sampai dengan gampong-gampong,” jelas Mahyuddin.

   

Lebih lanjut ia mengulas, adapun pendapatan perkapita kabupaten Aceh Timur atas dasar harga berlaku sejak 2017 hingga 2021, selalu mengalami kenaikan. Pada 2017, per kapita kabupaten Aceh Timur sebesar 21,70 juta rupiah, meningkat tahun 2021 menjadi 27,29 juta rupiah. p


Perkembangan indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2017 hingga tahun 2021 kabupaten Aceh Timur terus mengalami peningkatan dari 66,32, Tahun 2017 menjadi 67,83 Tahun 2021. 


“Meski secara urutan tidak mengalami perubahan, namun jika dilihat masing-masing komponen, dari Tahun 2017 2021 nilai IPM serta komponen komponen penyusunnya terus mengalami kenaikan,” paparnya. 


Secara perlahan, lanjutnya, terjadi peningkatan derajat hidup manusia di Kabupaten Aceh Timur, meski kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan dan secara kewilayahan kenaikan yang terjadi di Kabupaten Aceh Timur masih sejalan dengan wilayah lain di Aceh. 


“Di samping berbagai keberhasilan tersebut, dapat kita sadari bersama masih terdapat pencapaian pembangunan di kabupaten aceh timur yang masih belum optimal hal ini tidak terlepas dari berbagai keterbatasan yang dihadapi. namun dengan penuh keyakinan, dengan semangat kebersamaan, segala hambatan dapat kita tuntaskan bersama, sehingga masyarakat Aceh timur sejahtera menjadi lebih maju,” harap Pj Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin. M.Si.  


“Selanjutnya, kami juga ingin menyampaikan kepada segenap masyarakat Kabupaten Aceh Timur yang kami cintai, bahwa kami senantiasa membutuhkan doa dan dukungan agar proses pembangunan yang sedang dan akan kita laksanakan di kabupaten Aceh Timur tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.


Hadir pada upacara HUT Aceh Timur ke-66, di antaranya, unsur Forkopimda, Kepala OPD, para ASN, ketua organisasi, dan sejumlah masyarakat lainnya. (Diskominfo Aceh Timur).


zbn86 pjt


Adv 1



Adv ll

Adv lll