GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kolintang Hadir di Pameran Dagang L’Artigiano In Fiera 2022 Milan Italia

 

Foto Kolintang(wikipedia)

Republiknews.com, Minut - Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., menyerahkan satu set alat musik kolintang kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia  Roma Italia, Lefianna Hartati Ferdinandus pada event  The Trade Mission L’Artigiano in Fiera 2022 di Milan Itali, Sabtu, 3 Desember 2022


Ajang promosi bisnis Artigiano di Fiera Milan merupakan pameran dagang ritel terbesar di Italia berlangsung sejak tanggal 3 hingga 11 Desember 2022 mendatang, KBRI Roma bersama dengan ITPC Milan menghadirkan Restoran Indonesia (Cinta Rasa) dan Stan Pariwisata.


Pada momen yang dihadiri oleh para pebinis dan perusahaan kerajinan besar sedunia ini, para pengunjung dihibur dengan permainkan group Kolintang binaan DPD PINKAN Sulut, Indonesia dan dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima hibah aset kolintang antara Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P, dan Kepala Perwakilan RI Roma Lefianna Hartati Ferdinandus. 


Dalam acara tersebut Charge d'Affaires dari KBRI, Ibu Lefianna Hartati Ferdinandus mengawali sambutanya dengan memperkenalkan kolintang.


“Pertama-tama, kami akan memperkenalkan kolintang kepada Anda. Kolintang atau gambang Indonesia adalah seperangkat alat musik tradisional yang berasal dari Minahasa (Sulawesi-Utara). Kolintang termasuk dalam kelompok alat musik perkusi bernada. Sebagai alat musik idiofonik, sumber bunyi kolintang berasal dari bilah getarnya yang dipukul dengan tongkat khusus”.


Kolintang sudah ada sejak zaman dahulu untuk ritual adat pemujaan arwah leluhur oleh masyarakat. Sejak masuknya agama Kristen ke tanah Minahasa, Kolintang tidak lagi difungsikan sebagai pengiring ritual adat, melainkan sebagai pengiring tarian, pengiring lagu, atau pertunjukan musik, ucapnya.


Lefianna Hartati Ferdinandus mengungkapkan terima kasih mengetahui bahwa delegasi Provinsi Sulut akan memberikan kolintang kepada KBRI Roma.“Kolintang akan berguna untuk memperkenalkan musik dan budaya Indonesia di Italia “. ujarnya. 


Bupati Minut Joune Ganda yang juga ketua Pengurus Persatuan Insan Kolintang Indonesia Sulut (PINKAN) menuturkan, dengan tampilnya group kolintang di ajang internasional menjadi salah satu ajang promosi  seni - budaya Sulut sekaligus menjadi satu sinkronisasi dari upaya DPP PINKAN Indonesia yang kini mendengungkan “Kolintang Go To Unesco.


Joune Ganda menegaskan keberadaan group Kolintang ini dalam rangka mendukung tim promosi dari Dekranasda Sulut dan Kabupaten Minut sekaligus misi promosi UMKM Indonesia.


” Ini kesempatan emas bagi promosi Pariwisata Minut dan Sulut pada umumnya sekaligus mempertontonkan musik Kolintang” ujar Joune Ganda.


Turut hadir dalam event  The Trade Mission L’Artigiano in Fiera 2022 di Milan Itali, Ketua Dekranasda Sulawesi Utara Ny. Rita Maya Tamuntuan-Dondokambey, dan sejumlah kepala daerah diantaranya Walikota Manado, Walikota Bitung, Dan Walikota Tomohon serta di dampingi ketua-ketua dekranasda se-sulut. (Rls/ Red)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.