Iklan

 


Iklan

 


,

Iklan

Sambut Natal 25 Desember,Warga Tenda Menghias Lampu Natal Yang Begitu Indah

Republiknews
Selasa, 20 Desember 2022, Desember 20, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T16:19:40Z


Ruteng,Republiknews.com- Sungguh indah dan mempesona, pemandangan di malam hari  ketika melewati jalan arabika selatan, RT 018 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gang Israel, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Manggarai, NTT. 


Memasuki masa Natal, Umat katolik di kota Ruteng berlomba mempercantik rumah maupun Lingkungan. Tak Ketinggalan warga jalan Arabika yang bersolek untuk menyambut Hari Raya Natal 2022.


 Lampion berbentuk pernak-pernik khas natal di Jalan Arabika selatan Tenda atau yang lebih dikenal dengan "Gang Israel" tampak sudah mulai dinyalakan. 


Lampion-lampion tersebut dipasang di sepanjang Koridor Gang Israel. Dari arah masuk gang Israel, kita akan disambut lampion pohon natal setinggi lima meter. 


Di ujung jalan Gang israel tampak  Lampion santa claus diapit tiga lampion pohon natal berhias pernak-pernik khas Natal yang semakin mempercantik pemandangan Natal di Gang Israel Tenda. 


Warga Gang Israel dengan antusias menghiasi jalan. Dengan bahu membahu, warga mulai memulai dengan membersihkan seluruh lingkungan menjadi tradisi warga tenda dari tahun ke tahun mengiasi pohon natal,menghiasi lampu lampu yang tertata rapi dan indah  untuk menyambut natal.


" Bahannya ini dari bambu karena untuk dua kelompok ini dari bawah jumlah tiangnya itu sekitar 90 tiang karena satu tiang itu tiga lampu dan kami dari berbagai umat yang tinggal di masing- masing KBG itu bekerja sama,gotong royong kalo ada terjadi korslet lampu tetap kita cek rutin," Tambah dion yg juga Kordinator KBG benteng Daut.


"Sejarah israel sendiri jadi dulu kami kecil sering nonton film perang israel vs pallestina karena dulu anak mudanya sedikit sekali, dari  main tembak tembakan dan dari situ kami ada ide tukar pikiran untuk menamakan gang jalan arabika selatan ini gang israel. Jadi turun temurun sudah dari bawa kami dari adik-adik kami kebawa tetap dinamakan israel sampe sekarang.jauh sebelum itu israel sudah ada lalu kemudian munculah lampu-lampu dari bawah sampai sekarang dinamakan Gang Israel," Ungkap Dion Kepada Wartawan.


"Karena gang dari bawah ini ada 3 kelompok dan kerja sama soal menyangkut keuangan apa segala macamnya itu. Itu masing-masing kelompok(swadaya)tapi pada saat pengerjaannya itu 3 kelompok ini kerja sama tetapi soal keuangan ini masang-masing KBG," Sambungnya.


Sementara itu Niko Gu(66) sebagai tokoh masyarakat di tenda juga menyampaikan apresiasinya kepada anak-anak muda di tenda yang membuat lampu-lampu natal, bersih-bersih dan membuat santer klas  kemudian rumah-rumah  dihiasi lampu-lampu semua.


" Kami berbangga karena ini dalam rangka menyongsong kelahiran TuhanYesus, jadi kami berbangga kepada anak- anak muda ini semangatnya tinggi untuk membuat lampu-lampu ini .intinya kabersamannya dan kekompakan kami sangat tinggi soal apa saja selalu bersama-sama baik menyangkut dana,material dan lain-lain," Cetus niko.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Adolfus Pagut(57)selaku Ketua RT 018 kelurahan Tenda Mengatakan bahwa saya sebagai ketua RT khususnya di RT 018 dan 019 kelurahan tenda


"Kemudian dalam pengerjaan ini saya sebagai RT,Tokoh Masyarakat,ketua KBG dengan anak-anak  muda itu adalah garis terdepan jadi garda terdepan untuk pengadaan bahan-bahan misalnya bahan lokal dari bambu ini, inikan kami sama-anak  muda pergi ke lokasi untuk potong bambu lalu bawa kesini juga tampa mobil," Jelas adol.


" Harapan saya kedepan itu supaya anak muda di RT 018 ini di gang israel tetap kerja seperti begini terus. Harus terus kompak,"Tutupnya.




Nestor Madi



Adv 1

i

Adv ll

Adv lll

ads iv

ads v

ads vi

ads xiii

ads vii