Iklan

Iklan

,

Iklan

Seleksi tertulis calon anggota PPK KIP Kabupaten Aceh Timur Gunakan CAT, Ini Jadwal dan Kisi-Kisi Soalnya

Republiknews
Senin, 05 Desember 2022, Desember 05, 2022 WIB Last Updated 2022-12-05T04:24:23Z
Ilustrasi calon anggota PPK Pemilu 2024 sedang melaksanakan seleksi CAT.


Republiknews.com, Peureulak-ACEH TIMUR - Seleksi tertulis calon anggota PPK atau Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilu 2024 akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT. 


Penasaran dengan jadwal tes ppk dan kisi-kisi soal ppk pemilu 2024? Simak informasi ini sampai tuntas. 


Meski dimungkinkan beberapa daerah yang di wilayahnya tidak memiliki fasilitas untuk CAT, namun informasi yang kami dapatkan khusus di Provinsi Aceh semua kabupaten/kota menggunakan CAT dalam melakukan seleksi tertulis.


Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KIP Kabupaten Aceh Timur, Yusri,SE ketika ditemui membenarkan terkait rencana seleksi tertulis tersebut. Untuk calon anggota PPK di Kabupaten Aceh Timur, lanjutnya, seleksi tertulis sesuai rencana akan dilakukan di Gedung SMAN 1 Idi Rayeuk, 


"Kami telah menjajaki lokasi tes dan berkoordinasi langsung dengan Ka.Cabdin Aceh Timur bapak Rahmatsah Putra, S.Pd dan Kadis P dan K Aceh Timur bapak Saiful Basri, S.Pd. M.Pd  serta Kepala sekolahnya. Hasil koordinasi itu Insya Allah SMAN 1 Idi Rayeuk bisa digunakan untuk dilakukannya seleksi tertulis dengan CAT," ungkapnya.


Lebih jauh dijelaskan Yusri, berkaitan dengan mempersiapkan soal tes CAT pihaknya tidak terlibat sama sekali. Menurutnya, sejauh ini tugas KIP kabupaten Aceh Timur berkaitan dengan seleksi tertulis calon anggota PPK hanya mempersiapkan lokasi tes. Memastikan fasilitasnya layak dan bisa digunakan. 



"Informasi yang kami terima dari KIP Provinsi, soal tes dibuat oleh KPU/KIP Provinsi se-Indonesia. Kemudian diserahkan ke KPU RI. Setelah itu, kumpulan soal se-Indonesia itu kemudian dijadikan bank soal untuk kemudian akan didistribusikan oleh KPU RI pada hari pelaksanaan tes secara online ke KPU/kIP Kabupaten/kota," jelasnya.


Sehingga, lanjutnya, belum tentu soal yang akan diterima dan dikerjakan oleh calon anggota PPK di Provinsi Aceh merupakan soal yang dibuat oleh Kip Provinsi. Soal akan diacak. Sehingga pihaknya juga tidak tau calon anggota PPK di Kabupaten Aceh Timur akan dapat soal yang dibuat oleh KPU Provinsi mana.


Namun mengenai materi soal, masih menurut Yusri, hal tersebut memang tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Pemilu dan Pilkada.


Yusri membenarkan, selain seleksi tertulis nantinya mereka yang masuk ke tahap selanjutnya pasca seleksi tertulis akan mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan langsung oleh anggota KIP Kabupaten Aceh Timur.


Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pilkada, materi seleksi tertulis meliputi pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar dan pengetahuan kepemiluan. 


Sedangkan materi seleksi wawancara mencakup pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas, rekam jejak anggota PPK serta klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat.


KIP kabupaten aceh Timur akan melakukan penelitian administrasi calon anggota PPK dimulai sejak 21 November 2022 hingga 1 Desember 2022. Selanjutnya, pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilakukan pada 2 Desember 2022 hingga 4 Desember 2022.


Informasi penting bagi calon anggota PPK yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sesuai dengan pengumuman KIP Kabupaten Aceh Timur, seleksi tertulis calon anggota PPK akan dilakukan pada 6 Desember 2022 hingga 7 Desember 2022. 


Sedangkan pengumuman hasil seleksi tertulis calon anggota PPK akan diumumkan pada 8 Desember 2022 hingga 10 Desember 2022.


Pada tanggal 2 Desember 2022 hingga 10 Desember 2022 KIP kabupaten aceh Timur akan menerima tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota PPK. Selanjutnya, wawancara calon anggota PPK akan dilakukan pada 11 Desember 2022 hingga 13 Desember 2022. (**)


Adv 1



Adv ll

 


Adv lll

 


ads iv

 




ads v

 


ads vi

 


ads xiii

 


ads vii

 




ads ix

 




ads x








ads xi

 


ads xii

 




ads viii




Ada xiv


 

ads xv



ads xvi

 


ads xvii

 


ads xviii



ads xix

 


ads xx