GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Wabup Heri Ngabut bersama Perumda Tirta Komodo meresmikan Program Hibah Air Minum Perkotaan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Ru'a


Manggarai,Republiknews.com- Pemkab Manggarai  bersama Perumda Tirta Komodo,melaksanakan Peresmian Program Hibah Air Minum Perkotaan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Tahun 2022.


Program Hibah Air Minum Perkotaan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Tahun 2022 tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, SH yang dilaksanakan di Kampung Ru'a, Desa Golo Watu, Kecamatan Wae Ri'i Jumat Pagi, (23/12/2022). Perwakilan Warga penerima manfaat dari Desa Golo Wua, Ranggi dan Golo Watu berkumpul di halaman Beo Ru'a untuk menghadiri kegiatan peresmian itu.


Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya: Forkompinda Kabupaten Manggarai, Kepala OPD, Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Daerah Pemilihan Wae Ri'i, Perwakilan BUMN/D serta tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Wae Ri'i.


Kampung Ru'a merupakan lokasi kedua, usai Pemerintah meresmikan kegiatan serupa di Desa Rado, Kecamatan Cibal beberapa waktu lalu.


Tahun 2022, Perumda Air Minum Tirta Komodo merealisasikan pemasangan 3.090 sambungan rumah dari 3.250 yang ditargetkan di 10 (sepuluh) kecamatan.


Sejak program ini digulirkankan tahun 2013 lalu, sudah sebanyak 19.581 kepala keluarga yang menjadi pelanggan PAM melalui skema hibah air minum perkotaan untuk MBR.


Angka ini tersebar di 10 Kecamatan yakni Langke Rembong, Reok, Ruteng, Cibal, Satar Mese, Wae Ri’i, Satar Mese Barat, Satar Mese Utara, Cibal Barat dan Lelak.


Sejak 2013 sd 2022, Kecamatan Langke Rembong merupakan kecamatan dengan realisasi tertinggi dengan SR terpasang sebanyak 5.596, diikuti Kecamatan Wae Ri’i sebanyak 5.504 SR dan Kecamatan Satar Mese sebanyak 2.594 SR. Di Tahun 2022 ini, Perumda melebarkan sayap pelayanan ke Desa Satar Lenda (449 SR), Desa Ranaka (362 SR), Desa Golo Wua, Ranggi dan Golo Watu ( 943 SR), dan Desa Pong Umpu (125 SR).


Program MBR lahir dari keperihatian universal terhadap akses hak dasar masyarakat khususnya bidang air minum yang tentu berkorelasi dengan isu sanitasi dan penurunan kawasan kumuh.


Dengan penyertaan modal sebagai dana talangan, andil Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam program ini terbilang sangat aktif. Ini dibuktikan dengan konsistensi Perumda Air Minum Tirta Komodo sejak 2013 sampai saat ini dalam realisasi program ini.


Di tahun 2022 ini, sebanyak 205 (1.031 jiwa) penerima manfaat di Desa Golo Wua, tentu dari angka itu ada perbedaan yang signifikan setelah Peruma Air Minum memasang infrastruktur perpipaan di Golo Wua, dimana sambungan air bisa diakses warga langsung di rumah.


Kehadiran air perpipaan melalui Perumda Air Minum Tirta Komodo sangat membantu bagi masyarakat Desa Ranggi. Semenjak ada air PAM, warga sudah tidak perlu ambil air jauh dari rumah. Warga sangat apresiasi terhadap kehadiran Perumda Air Minum Tirta Komodo


Komitmen Pemda dan Perumda

Wakil Bupati Manggarai Herybertus Ngabut, SH menyampaikan apresiasi terhadap usaha semua pihak yang mendukung pelayanan air minum di Kabupaten Manggarai, apalagi di Tiga Desa (Golo Watu, Golo Wua dan Ranggi) sudah lama merindukan pelayanan air minum.


Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman, SH mengatakan, warga Kecamatan Wae Ri'i dapat berbangga karena di tahun 2022, warga kecamatan ini menjadi jumlah tertinggi sebagai penerimaan program hibah air minum.


Ia meminta agar warga penerima manfaat yang sudah menjadi pelanggan PAM agat turut mendukung pelayanan Perusahaan khususnya dengan membayar rekening air minum agar pelayanan Perumda Tirta Komodo dapat berkelanjutan.



Nestor Madi



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.