GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Festival Pesona Selat Lembeh Masuk Dalam Kharisma Event Nasional 2023


Republiknews, Com. Bitung - Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) Masuk Dalam 110 Kharisma Event Nasional (KEN)  Tahun 2023 Dari 38 Provinsi Yang Di Luncurkan Oleh Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI. Bertempat Di Teater Imax Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Pada Sabtu, (28/1/2023)


 Kharisma Event Nasional (KEN)  2023, Diluncurkan Secara Resmi Dan Virtual Oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Yang Disaksikan Oleh Menparekraf Ri Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, Bba, Mba Serta Para Pejabat, Tamu Dan Undangan Yang Hadir.


Ada sebanyak 110 Event Pariwisata di Seluruh Indonesia, yang masuk dalam KEN 2023. Di provinsi Sulawesi Utara sendiri ada 4 (Empat) Event Pariwisata  yang lolos proses seleksi dan kurasi oleh Tim Kemenparekraf RI yaitu,


*Festival Pesona Selat Lembeh (Fpsl) di Kota Bitung, 

* International Flowers Festival (Tiff) di Kota Tomohon, 

*Manado Fiesta Di Kota Manado Dan Likupang Tourism Festival Di Kabupaten Minahasa Utara.


Di kutip dari halaman Youtube Kemenparekraf)

Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo Dalam Sambutannya Secara Virtual Mengatakan, "Tahun ini akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia, waktu yang sangat baik untuk bangkit menggenjot dekencang – kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia" paparnya.


Sementara itu Sandiaga Uno Dalam Sambutannya Mengatakan, 'hari ini kita luncurkan, program tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu sesuai arahan Presiden. Pada KEN Tahun 2022, ada 3 (tiga) juta pergerakan wisatawan, 11 (sebelas) ribu UMKM, 55 (lima puluh lima) ribu pelaku seni , 11 (sebelas) ribu pekerja dan 250 (dua ratus) komunitas yang telibat  pada event – event tersebut." Ujar Sandiaga.


Hal tersebut tentunya, sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event - event daerah yang berkualitas.


Kharisma Even Nusantara 2023 sendiri, terdiri dari beberapa proses kurasi. Tahap 1 seleksi even unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia, Pada 22-24 November 2022 lalu.

 Tahap 2 seleksi presentasi dan wawancara pada 29 November ampai 2 Desember 2022. Penilaian hasil rapat presentasi 5-9, 12=14 Desember 2022. 


Sementara hasil penilaian berdasarkan 5 bidang KEN yaitu, pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreativitas, manajemen event, strategi komunikasi dan pengembangan bisnis.


 Dan Pada 20 Desember 2022 Di Lakukan Rapat Pleno Hasil Kurasi Dan menghasilkan 110 Even Dari 38 Provinsi. Proses Kurasi Ken 2023 Sendiri Telah Dilakukan Pada November – Desember 2022  lalu, oleh Tim Kurator Profesional.


Kota Bitung sendiri dikenal dengan letak geografis yang dikelilingi lautan, pesona alam yang elok terutama kekayaan ekosistem biota laut yang dimiliki kota Bitung, sudah dikenal lama oleh pelancong domistik maupun mancanegara.

(* Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.