Iklan

Iklan

,

Iklan

Giat Press Release Akhir Tahun 2022 Polda Jawa Timur, di Gedung Rupa Tama Mapolda Jatim

Republiknews
Minggu, 01 Januari 2023, Januari 01, 2023 WIB Last Updated 2023-01-01T11:27:03Z


Republiknews.com, SURABAYA - Giat Press Release Akhir Tahun, yang diawali dengan menyanyikan Lagu  kebangsaan, Indonesia Raya ini ,  dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Jatim, diantaranya : Karoops, Dirreskrimsus, Dirlantas, Dirpropam, Dirresnarkoba, Dirpolairud, Dirsamapta, Dirreskrimmum, Dirpamobvit Dirbinmas, Dirintelkam, dan Kabid Humas Polda Jatim.


"Dan giat Release ini merupakan Amanah Uuno.14 / 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik, dimana tiap Lembaga pemerintahan atau yang berbadan Publik untuk memberikan Informasi kepada Publik terkait Program dan Kegiatan yang telah maupun sedang dilaksanakan." Ucap Kabid Humas dalam sambutannya.


"Dalam Hal ini, di Back down rencana kerja Polda Jawa Timur, Kabid Humas mengadakan release Akhir tahun disetiap tahun." Ujarnya.


Pada malam itu Jum'at , tanggal 30 Desember 2022 Hadir beberapa Media, baik  media TV, ( KompasTV, TVOne , MetroTV, dsb.). Kemudian ada juga hadir Media Cetak, Jawa Pos, Surya, Memorandum, Radar, dsb. Disamping itu juga ada Media Online, Detik, Tribun, Berita Jatim, Memorandum, dsb. Tidak ketinggalan Radio juga banyak yang hadir diantaranya, L-shinta, RRI, Suara Surabaya, dsb.


Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi Polda Jatim, bahwa  rekan media masih setia menanti, karena memang kegiatan Bapak Kapolda yang begitu padat, sehingga yang harusnya dilaksanakan pukul : 17.00 WIB, baru bisa dilaksanakan pukul : 19.30.


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto.


Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan "Saya disini mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media beserta undangan yang turut hadir, dalam acara kegiatan conference Prese Release akhir tahun 2022."


Kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk kemitraan antara kepolisian dan media. Karena menurutnya, tanpa adanya awak media, seluruh masyarakat tidak akan bisa mengetahui atas kinerja kepolisian. 


Dalam kegiatan anev kali ini, ditayangkan pula serangkaian kegiatan sepanjang tahun 2022, dengan  bertujuan untuk mengetahui kinerja anggotanya selama satu tahun, Mulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember, dan Alhamdulillah atas kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT Jajaran Polda Jatim bisa berkumpul bareng awak media.


Maka dari itu, dengan adanya awak media yang membantu mempublikasikan, seluruh elemen masyarakat bisa mengetahui kerja kepolisian Yang  selalu berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap masyarakat. 


"Dan malam ini rekan-rekan media bisa mengetahui atas kinerja Seluruh Jajaran Polda Jatim  selama 2022." Ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto.


Selanjutnya Kapolda meminta Operator untuk langsung saja menampilkan tayangan, serangkaian kegiatan Polda Jatim, sepanjang Tahun 2022, Dimana yang kini petugas Dirlantas Polda Jatim juga menyayangkan, yang mana  pada tahun ini kecelakaan lalu lintas meningkat sebesar 40,98 persen, dibanding tahun 2021. Dimana tahun 2021 total laka lantas ada 19.154, sedangkan di 2022 mengalami peningkatan sebesar 7,849 kasus.


Juga disampaikan bahwa laka lantas pada tahun 2021 menyebabkan 4,393 nyawa melayang, Alhamdulillah kecelakaan lalu lintas pada tahun di 2022 hanya meningkat sebanyak 496 korban nyawa. Saya disini menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mengendarai kendaraan roda 2 atau Roda 4. Agar pada tahun 2023 bisa menurun drastis" Ungkap Irjen Toni.


Sementara dalam tugasnya Propam Polda jatim, untuk melakukan tindakan tegas terhadap kepolisian yang melanggar kode etik sampai meningkat drastis 84 persen, yang pada tahun 2021 pelanggaran sebanyak 316 kasus, pada tahun 2022 meningkat mengalami kenaikan 580 persen.


Alhamdulillah Peningkatan pada tahun ini dalam pelayanan terhadap masyarakat, pada tahun 2021 sampai dengan 2022 dari angka 7.280 meningkat drastis sehingga mencapai 28.583 pada tahun 2022. 


Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto juga menanggapi terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta api. Data yang sudah dihimpun, menyatakan bahwa  perlintasan yang kebanyakan tidak adanya penjagaan berkisar 500 titik.


“Beberapa hari ini saya sudah diskusi dengan intensif yang berkaitan dengan itu. Jadi fantastis juga selama 2022 ini, disini saya tegaskan lagi kepada seluruh jajaran. Kemarin saya sudah berkomunikasi, ini juga adalah termasuk proses hukum yang akan kami cari tau penyebabnya, termasuk juga yang bertanggung jawab,” Imbuhnya.


Disesi Tanya Jawab Kapolda menjawab 

Pertanyaan pertama, yaitu menyangkut masalah tragedi Kanjuruhan. Yang mana dari 6 tersangka telah ditetapkan 5 tersangka, yang dinyatakan berkasnya lengkap. Namun  demikian untuk 1 tersangka, proses akan tetap berjalan, dan tidak berhenti untuk mecari penjelasan2 dan bukti2 yang kuat. Ini masalah Kajuruhan.


Selanjutnya menyangkut masalah Perampokan dan kekerasan yang terjadi pada Wakil wali Kota Blitar, yang sampai saat ini belum ditetapkan tersangka. Menyikapi hal ini Kapolda memgatakan Bahwa Polda Jatim, meminta permohonan Do'a kepada kita semua termasuk para Media, untuk medo'akan Pejabat Utama Polda yang hingga saat ini belum kembali, dan memastikan kita semoga bisa tertankap malam ini, besok atau Lusa , yang tidak berhenti yang sudah kita Profiling Mereka, sehingga Polda bisa menjawab latar belakang perampokan dan sebagainya.


Sambung Irjen Pol Toni Hermanto, "Semoga saja tahun 2023 kecelakaan lalu lintas akan menurun drastis, disini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mematuhi peraturan lalu lintas yang telah diberikan," pungkas Kapolda Jatim, Irjen. Pol Dr.Toni Harmanto, MH.



Adv 1



Adv ll

 


Adv lll

 


ads iv

 




ads v

 


ads vi

 


ads xiii

 


ads vii

 




ads ix

 




ads x








ads xi

 


ads xii

 




ads viii




Ada xiv


 

ads xv



ads xvi

 


ads xvii

 


ads xviii



ads xix

 


ads xx