GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

LSM LEKAT meminta kepada bapak PJ bupati Aceh memanggil Semua Panitia kegiatan Siskudes Terkesan Tertutup


Republiknews.com, Aceh Timur-  Sosialisasi Sistem Keuangan Desa yang saat ini sedang diselenggarakan pada 24 kecamatan di kabupaten Aceh Timur diduga tertutup untuk awak media,namun yang anehnya hanya kecamatan Idi Rayeuk sosialisasi siskudes tersebut transparan.ujar Kasmidi Panjaitan S.IP ketua lembaga komunikasi dan advokasi Aceh Timur (LEKAAT).Rabu (11/1/2023).


Lanjutnya kasmidi,Dalam upaya mengawal transparansi pengelolaan keuangan desa, Kementerian Dalam Negeri membangun Aplikasi Siskeudes pada tahun 2015.


Namun yang anehnya kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada setiap kecamatan di Aceh Timur Terkesan Tertutup dan enggan untuk dipublikasikan ada apa ini ujar kasmidi.


Lanjutnya,"Anehnya temuan di lapangan anggaran untuk kegiatan tersebut pada setiap kecamatan berfariasi.


"Saya pernah menghubungi salah satu camat meminta tanggapan dengan kegiatan tersebut apakah pihak media  ada dilibatkan sebagai fungsi Publikasi agar masyarakat juga mengetahui kegiatan tersebut dan berapa anggaran yang dibebankan perdesa nya . Namun camat tersebut mengatakan bahwa pihak wartawan media tidak dilibatkan dan terkait anggaran perdesanya, camat memberi informasi tidak sesuai informasi didapat dilapangan.


Sementara saat mengkonfirmasi kepala dinas DPMG  tidak mengetahui hal tersebut untuk anggaran karena teknik kita serahkan pada setiap kecamatan.


Kasmidi juga menambahkan kuat dugaan Ini praktek korupsi. Kegiatannya tidak terlihat, tapi uangnya habis. Sudah begitu aparat desa dipersulit saat evaluasi perubahan APBDes. Kami harap bapak PJ Bupati segera sikapi masalah ini agar kedepan tidak terjadi lagi”, pungkas kasmidi


Zainal Abidin pjt



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.