GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Anggota Komisi V berkunjung ke SMKN I Satar Mese, Jadi Juri Lomba Dan Ikut dalam Panen Kedelai

Anggota Komisi V DPRD Propinsi NTT,Yan Mat Ngare(Perindo) dan Siena Jimur Katarina(PAN) saat melakukan Kunker ke SMKN 1 satar mese,Kabupaten  Manggarai.

Manggarai,Republiknews.com- 
Dua anggota Komisi V DPRD NTT mengunjungi SMKN 1 Satarmese, pada Sabtu,18/2/2023. Dua anggota yang hadir tersebut adalah Yan Mat Ngare dari Partai Perindo dan Jimur Katarina Siena dari Partai PAN. 


Keduanya tiba di SMKN 1 Satarmese di Wae Cepang pada Pukul 10.00 dengan disambut gembira oleh seluruh guru, siswa serta tokoh masyarakat dan diterima dengan seremoni adat Tuak Curu, Pengalungan dan Tarian Tiba Meka.


Pada sambutannya Yan Mat Ngare menyampaikan bahwa kehadiran mereka di SMKN 1 Satarmese adalah bagian dari tugas mereka sebagai anggota Komisi V DPRD Provinsi NTT. 


“Kami datang untuk melihat dari dekat lokasi SMKN 1 Satarmese. Juga untuk mendengarkan aspirasi dari pihak sekolah untuk diperjuangkan”, kata mantan Kepala BKD Kab. Manggarai ini.


Yan juga menambahkan bahwa kehadiran mereka ke SMKN 1 Satarmese adalah untuk mengecek kesiapan lokasi tempat akan dibangunnya beberapa pembanguan DAK Pendidikan tahun 2023.


Sedangkan Siena Jimur dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi keuangan pemerintah provinsi NTT saat ini sedang kurang kondusif. Dan hal ini berdampak pada anggaran untuk pembanguan NTT termasuk di sektor pendidikan. 


Selanjutnya, Siena memberikan motivasi kepada siswa/i SMKN 1 Satarmese agar terus belajar meningkatkan kemampuan dan kompetensi serta penguatan bahasa Inggris. 


Fransiskus Jehoda, Kepala SMKN 1 Satarmese yang pada saat yang sama juga menjadi Juri Lomba dan Panen Kedelai di lokasi SMKN 1 Satarmese pada sambutan pembukanya menyampaikan 


bahwa pada saat ini, SMK Negeri 1 Satarmese sedang menyelenggarakan berbagai lomba dalam rangka HUT Ke-2. Salah satunya adalah lomba Pidato Bahasa Indonesia. 


Selanjutnya Frans Jehoda meminta kepada Ibu Ena dan Pa Yan agar berkenan menjadi Juri dalam Final Lomba Pidato tersebut.


Pada final lomba pidato tersebut, ada dua finalis yang tampil, yaitu Paskalia Haguan dari Kelas XI dan Maria C. Nurjaya dari Kelas X. Paskalia tampil membawakan pidato dengan judul “ Kedisiplinan sebagai kharakter yang harus dimiliki generasi muda saat ini”. 


Sedangkan Maria C. Nurjaya membawakan pidato berjudul “ Pendidikan Sebagai Jembatan Emas Menuju Kesejaheraan”. 


Kedua siswa ini tampil di hadapan juri special Yan Ngare dan Siena Jimur, di hadapan guru-guru, siswa serta tokoh masyarakat Nangka dan Wae Cepang. Mereka berorasi dengan sangat baik.


Pada akhir perlombaan, Yan Mat Ngare didaulat untuk membacakan hasil keputusan juri. Total nilai yang diperoleh Paskalia Haguan adalah 130 sedangkan Maria C Nurjaya mengumpulkan poin 145. 


Dengan demikian Maria C. Nurjaya ditetapkan sebagai Juara I Lomba Pidato Bahasa Indonesia dalam rangka HUT ke-2 SMKN 1 Satarmese.


Kegiatan terakhir, Yan Ngare dan Siena Jimur serta tokoh masyarakat dan guru-guru mengunjungi kebun Kedelai yang berada di pinggir lapangan bola kaki dalam rangka panen perdana. Kedela yang ditanam ini adalah hasil karya dari 4 rombel kelas X SMKN 1 Satarmese.


Yan Ngare memberikan apresiasi kepada siswa/i yang sudah membudidayakan tanaman keledai. Ia mengharapkan kegiatan tersebut terus dilanjutkan. 


Pada kesempatan itu, Siena Jimur juga menyampaikan harapannya agar setelah panen ini, kedelai ini perlu diolah untuk menjadi tempe dan lain-lain.


Setelah selesai mengikuti rangkaian kegiatan di SMKN Satar Mese,Kedua Anggota DPRD NTT imenitipkan oleh-oleh berupa bola kaki, bola volley dan pakaian klub.


Kepala SMKN 1 Satarmese mewakili guru-guru menyampaikan Terima kasih kepada pemerintah NTT dan kepada Bapak Yan Ngare dan ibu Siena Jimur yang telah meluangkan untuk mengunjungi SMKN 1 Satarmese.



Nestor Madi



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.