GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Gubernur Maluku Resmikan Pura Ciwa Stana Giri


Republiknews.com, Ambon -
Gubernur Maluku Murad Ismail hadiri Karya Agung Mamungkah Ngenteg Linggih dan Meresmikan Pura Ciwa Stana Giri, pada Minggu (5/2/2023).


Turut hadir juga pada kesempatan tersebut Gubernur didampingi sang Istri, Ida Rsi Bhagawan Darma Cadhu Siddhi, Forkopimda Provinsi Maluku, Sekda Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku, PJ Walikota Ambon, Perwakilan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Pengurus PHDI dan WHDI Provinsi Maluku, Pimpinan Umat Beragama, dan unsur terkait lainnya.


Dalam Laporan Ketua PHDI Provinsi Muluku I Wayan Sutapa dirinya mengatakan, 

renovasi ini dilakukan akibat dari dampak gempa yang secara terus menerus terjadi 1 bulan lebih, sehingga mengakibatkan banyak bagian pura yang hampir roboh.


"Pembangunan ini dilakukan atas dukungan sesepuh, Pemerintah Daerah dan sukarelawan, yang turut dikerjakan dengan upaya dan kerja keras dari umat. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Maluku, karena dari tahun 2021 dibantu untuk renovasinya, dan tak lupa juga terima kasih atas dukungan dari Kapolda, Pangdam dan piha-pihak lainnya yang selalu mendukung." ungkapnya


Pada kesempatan itu juga atas nama Pemerintah Daerah, Gubernur Maluku Murad Ismail, menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pandita dari Bali dan Pulau Jawa, bersama umat Hindu yang bersama-sama mencurahkan perhatian untuk mewujudkan keberadaan Pura Ciwa Stana Giri.


"Keberadaan rumah ibadah Pura Ciwa Stana Giri yang diresmikan hari ini tentunya bukan hanya sekedar bangunan megah semata, tetapi menjadi simbol tanda kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa, yang akan dirawat serta dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sebagai tempat persembahyangan dalam membangun ketaatan iman dan kepercayaan umat hindu serta dapat dijadikan pusat pembinaan mental, pengembangan dan pemberdayaan ekonomi terutama bagi generasi muda Hindu di Maluku." Ujar Gubernur MI.


Ia juga mengatakan, Pemerintah Daerah Maluku, memiliki perhatian yang besar terhadap pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama di Provinsi Maluku. 


"Peresmian Pura Ciwa Stana Giri yang ditandai dengan kehadiran masyarakat multikultural disaat ini membuktikan kepada kita semua bahwa Maluku adalah Provinsi yang cinta damai, yang sangat menjunjung tinggi kebersamaan, persaudaraan, dan toleransi antar umat beragama." Ujarnya.


Menutup sambutannya Gubernur berharap umat Hindu di Provinsi Maluku dapat mendukung sepenuhnya proses pembangunan Maluku sesuai profesinya masing-masing.


Renovasi Pura Ciwa Stana Giri ini, diresmikan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail bersama  Ida Rsi Bhagawan Darma Cadhu Siddhi yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. 



Sahril Hitimala



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.