GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Ketua Pengadilan Negeri Bitung Turut Hadiri Upacara Adat Tulude 2023 di Pulau Lembeh


Republiknews, Bitung-
Pelaksanan Upacara Adat Tulude 2023 , turut di hadiri Kepala Pengadilan Negeri Bitung, Rahmat Sanjaya, S.H., M.H., bertempat di Boulevar Pelabuhan Papusungan Lembeh Selatan. Sabtu (04/02/23) 


Terpantau di lokasi Kepala Pengadilan  Negeri Bitung menuju pulau Lembeh menumpang KM . Tude bersama rombongan Walikota dan unsur Forkopimda serta tamu undangan .


Sesampai di lokasi Kepala Pengadilan Negri Bitung beserta rombongan Walikota langsung menuju panggung kehormatan diiringi dengan Tarian Tagonggong, Tarian Salo dan Tarian Gunde tarian khas daerah Sangihe.


Acara di awali dengan pemotongan Kue adat Tamo dalam dua sesi dan persembahan lagu masamper oleh GRup Masamper Betel Pintu Kota dilanjutkan Doa umum lintas agama.


Sementara Sekda Prov. Sulut Frangky Manumpil mewakili Gubernur dalam sambutanya menyampaikan, sebagai pimpinan Provinsi Sulut saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kota Bitung yang dapat mempertahankan adat dan budaya Tulude di kota Bitung. Jaga aset adat dan budaya Tulude ini yang merupakan aset bagi kita semua dalam satu wadah persatuan dan kesatuan bangsa terutama bagi generasi muda ke depan.


"Marilah kita jaga sinergitas dan agenda agenda pemerintah dalam pembagunan ke depan," ajaknya.


Upacar adat Tulude juga dimeriahkan dengan pagelaran adat dan atraksi kesenian (tari-tarian seperti tari gunde, tari salo, serta nyanyian oleh grup masamper khas daerah .


Tulude merupakan upacara adat daerah Nusa Utara yang dilakukan secara rutin setiap tahunya di kota Bitung untuk menjaga kelestarian adat dan budaya Sangihe.


Turut hadir dalam acara Tulude, Walikota Bitung  (yang juga mendapat gelar adat, I Yamang Bataha Lahansang Malintoi Maurits Mantiri ) Ketua DPRD Kota Bitung Aldo Nova Ratungalo, SH., Sekkot Bitung Ignatius Rudi Teno, ST., Bupati Sitaro Evengelian Sasingen, Wakil Bupati Sitaro Drs. Jhon Heit Palandung) dan  Unsur Forkopimda kota Bitung.  (Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.