GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Perumda Tirta Komodo Kab. Manggarai Bentuk Tim Terpadu Atasi Pencemaran Sumber Mata Air


Ruteng,Republiknews.com-
Direktur Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai, Marsel Sudirman,SH bersama tim terpadu dalam rangka mengatasi pencemaran sumber mata air  di Wilayah Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai membentuk tim terpadu.


Tim terpadu ini dipimpin langsung oleh Direktur Perumda Tirta Komodo, Marsel Sudirman yang melibatkan  pihak kelurahan dan kecamatan setempat.


Pantauan Republiknews.com, rapat perdana ini dilangsungkan di sumber mata air ‘Wae Rowang’ yang terletak di Rowang, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Jumat (24/2/2023).


Marsel mengungkapkan, pertemuan ini merupakan bentuk koordinasi lintas sektor untuk menjaga eksistensi sumber mata air dari pencemaran limbah warga.


“Hari ini pun kita akan melakukan koordinasi dengan warga yang memiliki rumah di sekitar sumber mata air Wae Rowang. Hal ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat dampak dari limbah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan maupun sumber mata air,” kata Marsel.


Keberadaan sumber mata air Wae Rowang itu tidak jauh dari pemukiman warga, sehingga, kata dia, tim terpadu ini akan selalu berkordinasi dan sosialisasi dengan masyarakat pemilik rumah.


Tentu, dengan harapan masyarakat Kabupaten Manggarai akan menikmati air minum bersih dan bebas dari pencemaran limbah warga.


“Selain itu juga kegiatan hari ini kami secara bersama-sama melakukan pembersihan sumber mata air,” tukasnya.


Persoalan Limbah


Direktur Perumda Tirta Komodo, Marsel Sudirman,SH bersama tim terpadu mengutarakan bahwa Persoalan limbah warga di Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong menjadi sorotan pemerintah saat ini.


Dalam perbicangan singkat, Jumat 24 Februari 2022, Lurah Waso Siprianus Mahu menuturkan, limbah rumah tangga warga yang ia pimpin menjadi persoalan serius yang harus disikapi. Sehingga, kata dia, perlu dibangun kesadaran bersama terhadap persoalan yang dimaksud.


“Saya sudah menyelesaikan beberapa persoalan masyarakat terkait limbah rumah tangga. Masalah ini menjadi pemicu konflik antara sesama,” tandasnya.


Sementara, salah satu pelanggan air minum Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai, Marselinus Jehoman menegaskan, tim terpadu yang dibentuk Perumda Tirta Komodo perlu melakukan tindakan tegas terhadap warga yang membuang sampah sembarangan serta oknum yang secara sengaja tidak membersihkan dan membiarkan limbah berserakan.


Ia meminta, kepada warga yang berada di sekitar sumber mata air agar selalu memperhatikan sampah dan limbah. Sehingga tidak terjadi pencemaran sumber air minum bersih yang menjadi konsumsi umum masyarakat Kabupaten Manggarai.


“Tolong pak, hal ini perlu ditertibkan,”pintanya.



Nestor


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.