GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Walikota Bitung Hadiri HUT ke- 598 Sangihe di Tahuna


Republiknews.com, Bitung - Peringatan HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe ke 598 turut dihadiri walikota Bitung Ir Maurits Mantriri MM, bertempat di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo Kepulauan Sangihe (pendopo rumah jabatan Bupati Sangihe) Kecamatan Tahuna Timur, Selasa (31/01/23)


Pesta rakyat Sangihe ke 598 kali ini juga turut dihadiri, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw; Direktur Ekonomi Kreatif Kemenpar RI, Dirjen  Pendidikan Vokasi Kemendikbud Riset, dan Teknologi RI Dr.Ir. Kiki Yuliati Haryanto, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan Silangen, Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Andi Fransiscus Silangen; Komisaris Utama Bank SulutGo, Edwin Silangen; Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro,Drs. Jhon Palandung, M.Si ; Forkopimda Provinsi Sulut dan Kabupaten Sangihe.


Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, M.M saat menghadiri Upacara Adat Tulude di kepulauan Sangihe , sebelumnya juga mengikuti Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Daerah di Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Perayaan Pesta Adat Tulude di HUT Daerah Sangihe Ke-598 diisi berbagai penampilan seni dan budaya yang menjadi ciri khas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Seperti Menahulending, Pemotongan Kue Tamo, Tari Gunde, Tari Perang Salo, Musik Bambu, Masamper dan pertunjukan seni budaya lainnya yang sengaja ditampilkan untuk memeriahkan acara.


Adapun  tema yang di ambil dalam upacara adat kali ini adalah , "Su Ralungu Kalokosi Ghenggonalangi Ruatang Saruluang I Kite Makahombang Toghase Tumatengo Kulidalangu Pebawiahe Su Taung Dua Hiwu Duampulo Telu"


Atau bila di alih bahasakan,

" Dalam dekapan Kasih Tuhan, kita peroleh kekuatan menghadapi tantangan kehidupan di Tahun 2023"


Dan dengan sub tema yang di usung, "Manguadipe Petatahendung Pananara Kararatuangu Tampungang Lawo Ka Limahasu Siompulo Ualu Su Taunge, Dingangu Hundugy Munara Tulude Su Elo Ka  Telumpulo Esane Su Wulangu Hiabe Taung Dua Hiwu Duampulo Telu, I Kite Menikile Kasasembaukang, Mase Sengkapesunduang Mapaleta U Tampungang Lawo Nahengkeng, Mawatuge Dingangu Malunsemahe"


Atau dengan alih bahasa "Melalui Perayaan Ulang Tahun Daerah Kepulauan Sangihe ke 598 dan Upacara Adat Tulude 31 Januari tahun 2023 kita perkokoh genggaman tangan persatuan dan sinergitas produktivitas untuk Sangihe Maju, Hebat dan Sejahtera"


Sebagai walikota Bitung keturunan Sangihe, Maurits berujar ,""Saya adalah warga keturunan Sangihe, Mama Saya orang Sangihe,  Dan sudah pasti kita bangga dan mengapresiasi peran masyarakat  khususnya orang Sangihe yang ada di Kota Bitung, dalam turut serta membangun dan memajukan Kota Bitung," paparnya. (*Suryo)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.