GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Widya MI : Tim Ina Latu Malika akan turun ke Kampung Mahia - Kota Ambon


Republiknews.com, Ambon,- Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (POKJANAL Posyandu) Tahun 2023, dan Launching Ina Latu Maluku Peduli Kesehatan (INA LATU MALIKA), Rabu (1/2/2023) bertempat di Hotel Santika Ambon.


Turut hadir Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku yang juga merupakan Duta Parenting Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Bupati/Walikota se-Maluku, Asisten 2 Setda Maluku, Asisten 3 Setda Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Lembaga Vertikal, Ketua TP-PKK Kab/Kota se-Maluku, unsur TNI/Polri, beserta unsur terkait lainnya, dan diikuti secara virtual oleh Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Pendukung Perangkat Desa Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Dra. Lisbetty Tambunan, M.Si.



Duta Parenting Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad dalam mengatakan, Pembentukan dan Optimaliisasi Pokjanal di tingkat Provinsi hingga ke tingkat Desa menjadi hal penting untuk dilaksanakan dalam rangka memperkuat kelembagan Posyandu.


Bukan itu saja, rapat ini juga diharapkan dapat menghasilkan rencana aksi yang implementatif di Tahun ini dan Kota Ambon akan dijadikan pilot projec, Kata Widya.


Untuk diketahui, ditahun ke-4  sebagai Duta yang perangi Stunting dan telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan stunting secara terintegrasi dan konfergensi sehingga berhasil menurunkan refalansi stunting dari 34,1 persen di tahun 2018 menjadi 26,1 persen di Tahun 2022, jelas Widya.


“ Kita harus kerja keras lagi, untuk menurunkan stunting menjadi 20 persen di tahun 2024, dan itu diperlukan strategi baru dalam upaya pencapaian target dimaksud dan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk melakukan pendampingan, Pembinaan dan supervisi bagi Kabupaten/Kota dalam rangka penguatan Pokjanal Posyandu serta peningkatan kapasitas kader PKK dan kader posyandu”, pinta Widya.


Dijelaskan lagi, kondisi geografis Provinsi Maluku mengharuskan adanya inovasi  agar pelayanan Kesehatan yang berkualitas  dapat dirasakan oleh semua masyarakat secara merata hingga ke daerah terpencil.


“ Saya selaku Ina Latu Maluku bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Ikatan Dokter Indonesia wilayah Maluku, serta Persatuan Dokter Gigi Indonesia  wilayah Maluku mencetuskan program yang akan dilaunching yakni Ina Latu Maluku Peduli Kesehatan (Inalatu Malika) dengan Motto: Menjangkau yang tak terjangkau untuk Maluku sehat dan kerja kami yang pertama Bersama tim turun ke Kampung Mahia Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon”, turur Widya.


Sahril Hitimala



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.