GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Asisten I Ikut Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Aceh Timur


IDI, Republiknews.com --
Asisten Bidang Pemerintahan Keistimewaan Aceh, dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M,AP mengahidiri acara pemusnahan barang bukti di kantor Kejaksaan Negeri Aceh Timur, Kamis 2 Februari 2023.

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Kajari Dr. Lukman Hakim, SH. MH dihalaman Kantor Kejari setempat. "Ada sebanyak 51 perkara barang buktinya dimusnahkan terhitung mulai Januari hingga Oktober 2022 sampai ," ujar Kajari Lukman Hakim dalam konferensi persnya.

Kajari menjelaskan pemusnahan barang bukti merupakan salah satu tugas jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan. Selain itu, pemusnahan juga dalam rangka penyelesaian penanganan perkara tindak pidana dan bertujuan untuk menghindari adanya penyalahgunaan atau penyimpangan terhadap barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
Dari 51 perkara terinci, 40 perkara narkotika jenis sabu dengan jumlah sebanyak 2496,76 gram, ganja 693,87 gram, harta benda sebanyak 3 perkara yang terdiri dari kejahatan pencurian penganiayaan penggelapan penipuan penculikan dan pembunuhan sedangkan dari perkara tindak pidana umumnya sebanyak 8 perkara yang terdiri dari kejahatan kekerasan dalam rumah tangga dan Migas.

“Ini merupakan perwujudan dari tugas institusi Kejaksaan sebagai eksekutor dalam proses Peradilan Pidana yang mana eksekusi terhadap barang bukti tersebut tergantung pada masing-masing abad keputusan ada yang dikembalikan kepada korban ada yang dirampas untuk negara dilelang atau dimusnahkan,” demikian tutup Kajari Lukman Hakim.

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.