Iklan

Iklan

,

Iklan

CARA BELAJAR SISWA YANG EFEKTIF AGAR MUDAH MENDAPATKAN PRESTASI

Republiknews
Selasa, 28 Maret 2023, Maret 28, 2023 WIB Last Updated 2023-03-28T11:56:47Z

Fransiskus Hardin
Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Ruteng,Republiknews.com-
Untuk mendapatkan prestasi di sekolah tidaklah mudah seorang peserta didik harus mempunyai wawasan yang luas terkait suatu materi yang telah diberikan guru sebelumnya. 


Untuk itu peserta didik memiliki kemampuan yang baik dalam menguasai semuat itu. Tentunya juga pesrta didik harus memiliki strategi atau metode belajar yang berpotensi memiliki dampak yang baik dalam menunjang pencapaian prestasi dalam sekolah. Prose Belajar bagi peserta didik akan menentukan pencapaian hasil yang diperoleh.


Belajar yang efektif merupakan proses belajar akan memberikan pemahaman yang intensif bagi peserta didik, yang mampu memberikan perubahan bagi seorang peserta didik, perubahan yang dimaksud disini tentunya perubahan yang menuju ke arah yang lebih baik.


 Belajar juga bagi peserta didik merupakan suatu kewajiban yang harus ditekuni dimana hakikatnya sebagi pelajar, belajar adalah hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidik. 


Mendapatkan prestasi di sekolah adalah suatu yang patut dibanggakan dan harus dikembangkan. Prestasi pula bukan hanya secara akademik tetapi juga dilihat dari segi sikap dan prilaku seseorang. 


Mendapatkan nilai yang bagus jika memiliki etiket yang tidak baik bukanlah suatu prestasi yang sempurna karna prestasi yang sempurna itu adalah nilai akademik yang sejalan dengan penerapan prinsip kode etik dalam menentukan setiap tidakan yang akan dibuat.


 Untuk mendapatkan prestasi diperlukan cara belajar yang efektif dan efisien. Cara belajar yang efektif dan efisien adalah konsep belajar yang membuat siswa tidak jenuh dengan apa yang dia pelajari. Dengan menerapkan cara belajar ini tentunya siswa dengan sendirinya  mampu menerap segala materi yang ia pelajari.


Menurut wragg (2012:12), pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesame atau suatu hasil belajar yang diinginkan. 


Belajar yang efektif adalah proses untuk mendapatkan kepandaian atau ilmu yang lebih cepat dan berhasil. Hal ini didasarkan oleh definisi belajar menurut KBBI yang artinya usaha mencapai kepandaian.

Berikut cara-cara belajar yang efektif dan efisien agar mudah mendapatkan prestasi di sekolah:


Buat suasana belajar yang nyaman 

Yang perlu dilakukan pertama adalah bagimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat  mood  belajar itu muncul, diantaranya :jika kondisi kita didalam kelas, maka kita dapat membuat sebuah kesepakatan dalam proses pembelajaran secara  berlangsung supaya kenyamanan belajar dapat tercipta, namun jika kita belajar diluar kelas kita dapat belajar sesuai dengan kondisi yangb kita sukai seperti belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan.


merangkum pokok pembelajaran 

 Jika kita membaca suatu buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Hal ini akan membuat kemudahan  mengingat dan dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan perangkuman dari materi agar mudah di pelajari.


 Belajar Bersama 

 Metode ini seringkali dikatakan metode yang paling efektif karena dalam suasana  belajar berkelompok yang yang cukup santai otak menjadih lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan diserap.selain itu hal-hal yang belum diketahaui akan lebih mudah diselsaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan utuk belajar bersama untuk menghadapi  ujian.


Belajar dengan praktik 

Belajar sambil pratek adalah hal yang sangat efektif.cara belajar ini juga akan membuat kita tidak cepat merasa bosan.misalnya pelajaran IPA seperti botani atau avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.


Belajar rutin tapi jangan lama 

Dengan rutin belajar kita akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah dipelajari.yang perlu dilakukan adalah “belajar rutin”bukan”terlalu lama belajar”.seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit,malam  1 jam. Cara ini sangat efektif dan pikiran jugan akan tetap dalam keadaadan rileks dari pada belajar harus terlalu lama.


Mengerti bukan menghafal

 hal yang paling sering dilakukan oleh siswa ataupun mahasiswa ketika ingin meghadapi ujian adalah menghafal.sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif.untuk lebih efektif adalah mengerti teorinya maka dengan sediri akan kita ingat ketika ujian.


Dengan menerapkan cara belajar yang efektif dan efisien yang telah dipaparkan diatas peserta didik akan lebih mudah dalam memahami dan menguasai suatu materi. 


Factor lingkungan juga sangat mempengaruhi meningkatnya keinginan dari seorang siswa untuk terus belajar, karna banyak sekali siswa zaman sekarang yang memiliki keinginan untuk belajar ketika belajar bersama-sama dengan teman dengan suasana yang menarik atau baik, seperti belajar sambil minum kopi,belajar dibawah pohon agar pikiran dapat terarah, dan masih banyak lagi cara yang harus diterapkan untuk mencapai prestasi yang baik. 


Karena untuk mencapai prestasi yang baik disekolah diperlukan metode belajar yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh siswa.


Penulis Adalah  Fransiskus Hardin

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Adv 1

Adv ll