GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Lusia Yesika Memas
Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Ruteng,Republiknews.com
-Media sosial adalah sebuah media online yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya yaitu,melakukan komunikasi,memberikan informasi,membuat konten atau blog,foto dan video tanpa dibatasi ruang dan waktu.


 McGraw Hill Dictionary mendefinisikan media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk brrinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.


Menurut Nasrullah (2015) media sosial adalah medium di internet yang meyakinkan pengguna mempresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi informasi, berkomunikasi dengan pengguna lain dan membentuk ikatan sosial.


Media sosial juga sering digunakan dikalangan mahasiswa terutama dalam hal pembelajaran sebagai penunjang kegiatan akademik. Selain itu, mahasiswa membutuhkan media sosial untuk mengakses informasi yang berguna dalam pembelajaran.


Dampak positif media sosial bagi mahasiswa yaitu sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dengan membuat video, blog, atau artikel individu,sebagai sumber informasi dalam proses belajar dan mengerjakan tugas,menjalin relasi dengan orang lain.


Meskipun media sosial mempunyai kelebihan yang mejadi daya tarik namun, penggunaanya juga mempunyai dampak negatif bagi mahasiswa yaitu :


Mahasiswa menjadi lebih bergantung pada media sosial dalam hal mengerjakan tugas,sering lupa waktu akibat terlalu kecanduan menggunakan media sosial, dapat mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa, mengurangi kualitas tidur, sering terjadi penyalagunanaan informasi.


Dampak media sosial terhadap prestasi mahasiswa sendiri sangat berpengaruh dikarenakan pada era ini semua serba digital sehingga belajar dan kuliah juga menggunakan media sosial.


Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial cukup berpengaruh dan menyita waktu para mahasiswa dalam keseharianya, sampai saat ini belum ada batas aman penggunaan media sosial. Namun jika penggunaannya memakan waktu berjam-jam maka dapat menimbulkan tekakan psikologis dan mengganggu kesehatan mental dan psikis.


Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita harus bijak dalam menggunakan media sosial terutama dalam mengatur waktu dengan baik, membatasi penggunaan media sosial,memperbanyak kegiatan diluar seperti sosialisasi, membiasakan diri untuk mengerjakan tugas tanpa menggunakan bantuan internet karena penggunaan media sosial perlu dibatasi dan dikontrol.



Penulis Adalah  Lusia Yesika Memas

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.