GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Estafet Kirab Pemilu 2024 Disambut KIP Aceh Timur


 ACEH TIMUR, Republiknews.com| Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur sambut estafet kirab Pemilu 2024 dari Kabupaten Aceh Utara di Kantor KIP Aceh Timur, Peureulak, Selasa 21 Maret 2023.


Pemilu merupakan arena pertarungan yang sah untuk meraih kekuasaan dan mempertahankan  oleh partai politik. Namun tidak terlepas dari itu, bahwa pemilu juga sebagai sarana integrasi bangsa.


Dalam rangka memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu Tahun 2024, KPU telah menggelar kegiatan “Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 : Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara”. Kegiatan bertema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Kirab berupa pelepasan/ pemberangkatan tim Kirab yang mengawal bendera Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 

Prosesi Kirab berlangsung pada tanggal 14 Februari 2023 dengan pusat peluncuran di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.


Untuk Provinsi Aceh dimulai dengan peluncuran kirab yang berlangsung di KIP Aceh pada tanggal 14 Februari 2023. Kemudian dilanjutkan ke Kota Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara dan pada hari ini kita menerima estafet kirab dari KIP kabupaten Aceh Utara untuk selanjutnya akan diarak melalui beberapa kecamatan di Aceh timur, sekaligus  melakukan sosialisasi pengenalan partai politik dan Pendidikan pemilih.


Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KIP Aceh Timur Sofyan, SE  saat pelaksanaan Kirab Pemilu di Kantor KIP Aceh Timur, Selasa 21/3/2023.


"Hari ini kita mulai Kirab Pemilu di Aceh Timur, selanjutnya pada Tanggal 28 Maret 2023 estafet kirab ini akan kita serahkan ke KIP Kota Langsa," ujarnya.


Sofyan menambahkan bahwa Kirab Pemilu ini sangat penting dan sebagai bentuk sosialisasi Pemilu 2024.


"Kirab Pemilu Tahun 2024 diharapkan dapat menyelaraskan pentingnya sosialisasi tentang partai politik peserta Pemilu 2024 untuk menyampaikan informasi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 serta memberikan pendidikan politik bagi pemilih secara langsung maupun tidak langsung,

penerapan berbagai metode sosialisasi sesuai Peraturan KPU diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait informasi Pemilu Serentak 2024. Semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi, pemilih, konstituen, suara berasal dari daerah. Saya kira ini penting kita beri pemahaman kepada masyarakat kita bahwa pemilih itu berada di daerah," ungkap Sofyan.


Lebih lanjut, KIP Aceh Timur sebagai penyelenggara pemilu ditingkat kabupaten  harus memberikan informasi terkait kepemiluan. Termasuk himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan politik uang, membuat dan menyebarkan berita hoaks, dan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).


"Tidak ada kawan dan lawan abadi dalam politik. Pasti ada perbedaan pendapat. Tapi pada saatnya, akan bersatu dengan berkoalisi. Ini yang dapat dimaknai bahwa pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Kepada pemilih di mana pun berada, kami berharap harus memilih berdasarkan hati nurani. Karena pemilu dan pilkada bertujuan untuk menentukan seorang pemimpin," imbuhnya.


Ketua KIP Aceh Timur berharap agar Pemilu 2024 berlangsung dengan kondusif.


"Kita berharap di tahun politik ini harus kita jaga suasana Kamtibmas. Ada perbedaan pemilih kita harus menyatukan. Kita harus menjadi salah satu jembatan yang bisa melakukan edukasi positif ke masyarakat," pungkasnya.


Sementara itu, Pj Bupati Aceh Timur diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesra Aceh Timur Syahrizal Fauzi S.STP, MAP mengatakan pentingnya sosialisasi pemilu 2024.


"Kami atas nama Pemerintah Aceh Timur berharap agar sosialisasi berjalan dengan baik, dan berhubungan dengan bulan suci Ramadhan maka giat tersebut dilaksanakan dengan sebaik baiknya, dan kami dari Pemerintah Aceh Timur selalu berkoordinasi dengan KIP Aceh Timur terkait dengan proses pelaksanaan pemilu 2024," kata Asisten I Aceh Timur.


Pantauan media ini, rombongan Kirab Pemilu dari KIP Aceh Utara tiba di Kantor KIP Aceh Timur pada pukul 15.01 WIB dan disambut langsung oleh Komisioner KIP Aceh Timur.


Hadir dalam kegiatan Kirab pemilu 2014 di KIP Aceh Timur, Asisten I Aceh Timur Syahrizal Fauzi S.STP, MAP, Perwakilan Dandim 0104 Aceh Timur, Perwakilan Kapolres Aceh Timur, Kepala Kesbangpol Aceh timur, Ketua Panwaslu Aceh Timur, KIP Aceh Utara, para PPK SE Kabupaten Aceh Timur, para perwakilan Partai Politik, serta tamu undangan lainnya.


Zbn 86 05


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.