GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Ina Latu Maluku Buka Turnamen Liga Pelajar Tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon


Ambon, Republiknews.com
- Pembukaan Turnamen Liga Pelajar ke- II Tingkat SD dan SMP se- Kota Ambon resmi di buka oleh Ina Latu Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad bertempat di Lapangan Hatukau Galunggung Desa Batumerah, Sabtu 11/3/2023


Hadir dalam kegiatan tersebut Ina Latu Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad, Kepala Dinas Pendidikan  Kota Ambon, Sekjen PSSI Provinsi Maluku, Ketua Asosiasi PSSI Kota Ambon, Pj. Kepala Pemerintahan Negeri Batumerah, Ketua Forkami dan undangan lainnya.


Ketua Panitia turnamen Liga Pelajar Tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon, Samsiar Alimudin dalam laporannya mengatakan Turnamen Liga Pelajar Tingkat SD dan SMP se- Kota Ambon merupakan kegiatan yang kedua yang dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit unggul di usia dini bagi anak-anak dalam Cabang Olahraga Sepak Bola.


Pertandingan yang direncanakan akan berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 11 -12 Maret akan diikuti oleh 21 Tim berasal dari tingkat SD dan 12 Tim berasal dari Tingkat SMP dan kemungkinan selesai Idul Fitri turnamen ini akan Kembali dilanjutkan.


“ Jadi turnamen ini kami akan lakukan selama 2 hari saja, dan kemungkinan selesai hari Raya Lebaran kami akan melanjutkan kegiatan ini Kembali”, ujar Alimudin


Bukan itu saja, melalui kegiatan ini,  anak-anak dari Tingkat SD dan SMP yang memiliki bakat di Cabang Olaharga Sepakbola bisa tersalurkan, kata Alimudin.


“ Kami berharap kegiatan ini rutin dilakukan agar anak-anak yang memiliki potensi didunia sepakbola bisa tersalurkan dan perlu adanya dukungan dari stakeholder di daerah ini ”, harap Alimudin.


Sementara itu, Asosiasi Kota PSSI Kota Ambon, Saidan Azhar Bin Tahir dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Turnamen Liga Pelajat Tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon dan perlu diagendakan dalam agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Ambon.


“ Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini perlu diagendakan dalam agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Ambon dalam mencari bibit -bibit unggul khususnya di Persepakbolaan di Kota Ambon”.


Dalam mencari generasi penerus persepakbolaan , lanjut Tahir PSSI Kota Ambon dan PSSI Provinsi Maluku tidak tinggal diam, kami terus mencari bibit -bibit unggul dalam kegiatan kompetisi di Kota Ambon dengan jalan membina generasi muda mulai dari SD dan SMP.


Dirinya berharap, agar Pemerintah Kota Ambon dapat menganggarkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin Pemerintah Kota dan juga bisa menampung kegiatan ini pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Ambon, ujar Tahir. 


Bukan itu saja, tambah Tahir, perlu adanya kolaborasi yang matang dari Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga dalam membina generasi muda dalam dunia perolahrgaan.


“Selaku Askot PSSI Kota Ambon, saya memberikan apresiasi kepada Inalatu Maluku karena memiliki perhatian besar terhadap olahraga di Maluku terkhusus Olahraga Sepakbola yang sementara berlangsung saat ini”, ungkap Tahir.


Inalatu Maluku, Ny Widya Pratiwi Murad dalam sambutannya disela-sela acara pembukaan Turnamen Liga Pelajar Tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon mengatakan sangat menyambut baik kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat mencari bibit-bibit unggul yang dapat diarahkan guna menjadi pemain Sepakbola yang handal.


Dikatakan demikian, karena Maluku adalah gudangnya pemain-pemain Sepakbola dan kalau kegiatan ini rutin dilakukan maka dapat diketahui secara pasti bakat dari anak-anak ini, kata Inalatu.


Dijelaskan lagi, sudah saatnya cabang olahraga di Maluku harus bangkit dari kefakuman, karena untuk mencari generasi penerus itu harus dilakukan mulai dari sekarang, tuturnya lagi.


Dirinnya berharap sebelum dilakukan turnamen ini, sebaiknya dilakukan edukasi atau sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat, pentingnya makan yang sehat karena mereka adalah generasi-generasi penerus , generasi-generasi muda yang bisa bersaing di kancah nasional maupun tingkat internasional.


Untuk itu, Dinas Pendidikan harus mengedepankan program nasional seperti halnya edukasi akan Stunting, Gizi Buruk dan program lainnya yang di kalangan Sekolah seperti halnya SD dan SMP.


Diingatkan lagi, anak-anak yang saat ini mengikuti  turnamen Liga Pelajar menang kalah itu biasa yang penting anak-anak harus menjunjung tinggi nilai sportifitas , karena moment ini adalah moment silaturahmi antar pelajar.


“ Saya juga berharap kegiatan ini menjadi kegiatan yang rutin, agar kemajuan persepakbolaan  di Maluku dapat menginspirasi persepakbolaan yang ada di Maluku terkhususnya di Kota Ambon”, tutup Inalatu seraya membuka secara resmi Turnamen Liga Pelajar Usia Dini tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon dengan penendangan bola pertama kali.

 (Sahril Hitimala)


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.