GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kakanwil Membuka Kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi


Manado, Republiknews.com -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara Ronald Lumbuun didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Friece Sumolang menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Senin(13/03/23)


Bertempat di Hotel Luwansa, kegiatan ini dihadiri juga oleh Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian I Nyoman Gede Surya Mataram, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Moh. Dino Gobel, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, Dir Intelkam Polda Sulut Kombes Pol Albert Sihombing, Kepala UPT Keimigrasian Se-Sulut, Perwakilan Kejati Sulut, Perwakilan Bakamla Zona Maritim Tengah, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan Bea dan Cukai Sulut, Perwakilan Kemenag Sulut, dan para peserta lainnya.


Ketua Panitia Kegiatan Timpora Arthur Mawikere menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah komunikasi dan tukar menukar informasi, serta memperkuat sinergitas TIMPORA Sulawesi Utara berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing instansi terkait, rapat ini juga merupakan target kinerja B03 (Triwulan I). 


Adapun isu aktual yang diangkat pda tahun 2023 ini adalah “Pengawasan terhadap penjamin dan orang asing dalam mendukung terciptanya iklim investasi kondusif dan peningkatan pariwisata Sulawesi Utara, sebagai pintu gerbang di Utara Indonesia,” terang Arthur dalam laporannya.


Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan Esensi dari kegiatan rapat TIMPORA ini tentunya menjadi sarana untuk saling bertukar informasi di antara Anggota TIMPORA Provinsi Sulawesi Utara terhadap isu-isu strategis di Bidang Keimigrasian. 


“Momen ini juga dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap segala permasalahan yang telah berjalan di tahun-tahun kemarin,” jelas Kakanwil.


Ia juga mengatakan untuk terus mendukung Pemerintah Sulawesi Utara terhadap pemulihan perekonomian daerah khusus pada sektor pariwisata dan investasi. 


Dengan berbagai macam cara, gencarnya promosi di dalam dan luar Negeri dilakukan, bahkan upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ke sejumlah bandara Internasional semata-mata untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat Sulawesi Utara.


Mengakhiri sambutannya, ia menyampaikan pelaksanaan Rapat TIMPORA ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara berbagai instansi Pemerintah yang terkait dengan permasalahan orang asing dalam hal pengawasan orang asing tersebut. 


“Sinergitas ini akan tercapai jika masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam kegiatan pengawasan orang asing yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing, dan juga aktif berupaya meningkatkan intensitas komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan di lapangan,” pungkasnya. 

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.