GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Kota Bitung Raih Penghargaan UCH 2023, Berkat Konsisten Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat


Republiknews, Bitung-
Kota Bitung mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 atas pelayanan mutu kesehatan yang konsisten diberikan kepada masyarakat, yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ir. Ign. Rudy Theno, ST,.MT. Bertempat Balai Sudirman Jakarta,Selasa (14/03/23).


Bertempat di Balai Sudirman Jakarta, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ir. Ign. Rudy Theno, ST,.MT. menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 atas pelayanan mutu kesehatan yang konsisten diberikan kepada masyarakat dan bentuk apresiasi dari pemerintah yang telah menunjukkan kerja keras serta komitmennya dalam mencapai kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat telah mencapai JKN minimal 95% dari total penduduk. (Selasa 14/3/2023).

 

Apresiasi dari pemerintah pusat tersebut menunjukkan kerja keras serta komitmen kota Bitung, dalam mencapai kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat telah mencapai JKN minimal 95% dari total penduduk.


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin yang bertempat di Balai Sudirman, Jakarta yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (HC) K.H. Ma'ruf amin bersama dengan jajaran kabinet Indonesia Maju dan kementerian Lembaga. 

 

Direktur BPJS Kesehatan mengatakan JKN KIS adalah program jaminan kesehatan terbesar di Dunia dimana  334 Kab/Kota di Indonesia telah menerapkan UHC di setiap daerahnya.


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan mengatakan UHC adalah salah satu target yang dicanangkan oleh WHO dimana harapannya untuk mencapai akses layanan kesehatan, membiayai layanan kesehatan, keadilan bagi masyarakat untuk mendapatkan kesetaraan layanan kesehatan. Program JKN adalah upaya dalam mendukung pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan dan stunting. 

 

 Sementara itu, Wakil Presiden RI mengatakan pemerintah daerah diminta untuk mendaftarkan para penyandang disabilitas, lansia, dan masyarakat terlantar untuk didaftarkan di JKN. "Saya berharap pemda turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan melalui penyediaan fasilitas kesehatan agar masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan.  Saya minta bersinergi antara BPJS Kesehatan, Kementerian/Lembaga bersama seluruh Pemda untuk memastikan seluruh masyarakat dilindungi jaminan kesehatannya." 

 

Penyerahan UHC Award, diawali dengan pemberian ke 22 Provinsi se- Indonesia. Satu diantaranya diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof DR (HC) Ma'ruf Amin.


AHC Award yang di raih kota Bitung, menurut Rudy Theno, tak membuat  berpuas diri untuk terus membuat seluruh warga Bitung sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan.


"Memang kami belum begitu puas, dengan data kepesertaan yang aktif 95 persen. Karena sesuai dengan target Nasional di tahun 2024 Kota Bitung harus 100 persen," Ujar  Theno . 


Lanjutnya, untuk mencapai itu pemkot Bitung akan terus mendorong jajaran perangkat daerah, hingga pemerintah kecamatan dan kelurahan agar warga Bitung bisa 100 terdaftar kepersertaan BPJS Kesehatan.


Universal Health Coverage sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah, dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

 

Hadir juga dalam kegiatan ini, Menteri Dalam Negeri, Menko PMK, Direktur Utama BPJS Kesehatan (Ali Ghufron Mukti), Gubernur, Walikota/Bupati, Kepala Dinas Kesehatan dr. Pitter Lumingkewas dan Kepala Unit BPJS Kesehatan Bitung Frelly Mundung.( * Suryo)



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.