GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

OPINI- Dampak Sampah Anorganik Bagi Kesehatan Dan Linkungan Hidup


Ruteng,Republiknews.com-
Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah sehingga menyebakan proses penghancuran  yang berlansung sangat lama.


Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam tak terbaruhi seperti mineral  dan minyak bumi,atau dari proses industri.


Sampah anorganik merupakan salah satu contoh sampah yang memerlukan pengolahan   dibandikan dengan sampah organik.  


Bahkan sampah anorganik seperti botol plastik, botol kaca,kain bekas merupkan sampah yang  laku dijual atau dapat didaur sulang kembali.   


Sampah menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya linkungan  hidup di Indonesia.Meskipun banyak orang paham akibat dari sampah yang menumpuk ,nyatanya  masalah sampah belum menjadi priorits utama untuk diselesaikan.


Sampah akan meninkat  seiring  dengan bertambahnya jumlah penduduk dan tinkat konsumsi masyrakat serta aktivitas lainnya,(Yunita,2013).


 Permasalahan sampah di inndonesia antara lain semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat ,kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah,sampah sebagai tempat berkembang dan sarang sebgai serangga dan tikus,menjadi sumber populasi dan pencemaran tanah,air,dan udara, menjadi sumber dan tempat hidup kuman-kuman yang membahaya kesehatan.


 Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh perlu dilakaukan alternative-alternatif pengelolaan.landfill bukan merupakan alternatif yang sesuai,karena landfill berkelanjutan dan menimbulkan masalah lingkungan.


malahan alternative-alternatif tersebut harus bias menangani semua permasalahan pembuangan sampah dengan cara mendauru lang semua limbah yang dibuang kembali ke ekonomi masyarakat atau kealam,sehingga dapat mengurangi tekanan terhadap sumber daya alam.


untuk mencapai hal tersebut ada tiga asumsi dalam pengelolaan sampah yang harus diganti dengan tiga prinsip-prinsip baru.


daripada mengansusikan bahwa masysrakat akan menghailkan jumlah sampah yangh arus meningkat,minialisasisampah harus dijadikan prioritas utama.sampah yang harus dibuang harus dipilah,sehingga tiap bagian dapat dikomposkan atau didaur ulang secara optimal,dari pada dibuang ke system pembuangan limbah yang tercampur  sepertiyang ada saat ini.


industri-industri harus mendesain ulang produ-produk untuk memudahkan proses daur ulang produk tersebut.prinsip ini berlaku untuk semua jenis dan alur sampah.


 Sampah plastik sendiri merupakan sampah yang sulit dikelola. Sekarang sering kita lihat hamper setiap orang memiliki suatu barang yang terbuat dari plastic,entah itu dalam bentuk piring,botol,sendok,dan yang sering digunakan adalah kantong plastic.


untuk memusnahkan sampah plastic ini memerlukan waktu yang lama dan untuk mendaur ulang sampah  anargonik memerlukan waktu atau puluhan tahun bhkan ratusan tahun untuk menjadikan barang yang kualitas dan bisa digunakan lagi oleh masyarakat.


 Namun yang menjadi persoalan adalah dampak negatif dari  sampah plastic yang sangat besar sekali,kita tahu sampah plastic itu sulit dihancurkan atau dimusnahkan.


jika dibakar,plastic sampah akan menghasilkan asap yang beracun yang berbahaya bagi kesehatan,plastic akan mengurai  diudara sebagai dilokasin.senyawa ini sangat berbahaya jika dihirup oleh manusia.


Dampaknya akan memicu penyakit kanker,hepatitis,pembenkakan hati,gangguan system saraf,dan memicu depresi.


 Kita juga mengetahui,selain menganggu kesehatan sampah anargonik juga bisa menyebabkan banjir,karena menyumbat saluran-saluran air.


hal ini sering terjadi karena masyarakat tidak menyadari dampak dari sampah anorganik untuk keshatan dan membuang sampah sembarang tempat,serta kurangnya sosialisasi dari pemerntah tentng dampak dari sampah terhadap lingkungan hidup.


oleh karena itu,mari kita bersama-sama untuk menjaga lingkungan kesehatan dan lingkungan dari banaknya sampah plastic yang digunakan oleh kita yaitu dengan membuang pada tempatnya.


mengolah sampah berbgai produk yang lagi tidak bermanfaat dan cenderung dibuang begitu saja harus diubah.yaitu dengan cara produksi bersih(clean production)produk ini merupakan salah satu rencana untuk merancang ulang industry yang bertujuan mencari cara daur ulang sampah plastic yang berbahaya,mengurangi polusi secara keseluruhan dan menciptakan pemerintah entang dampak dari sampah terhadap lingkungan hidup.


oleh karena itu,mari kita besama-sama untuk menjaga kesehatan dan lingkungan dari banyaknya sampah plastic yang digunakan oleh kita yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.mengolah sampah sebagai suatu produk yang tidak lagi bermanfa dan cendrung buang begitu saja(clean production) produk ini merupakan salah satu rencana untuk merancang ulang industry yang bertujuan mencari-cara daur ulang sampah plastic yang berbahaya,


mengurangi polusi secara keseluruhan dan menciptakan produk-produk sampah plastic yang berbahaya produksi-produksidan limbahnya yang aman dalam rangka siklus ekologi.


Dari perkembangan kehidupan masyarakat saat ini dapat disimpulkan bahwa penanganan sampah anargonik tidak dapat semata-mata ditangani oleh pemerintah daerah,kabupaten atau kota.pada tingkat kehidupan masyarakt desa ini memerlukan perluasan pendekatan sumber dan perubahanparadigma yang pada hal ni memerlukan adanya campur tangan dari pemerintah misalnya mengadakan sosialisasi dampak dari sampah kepada masyarakat.



Penulis Adalah  Oktavita Lista Jenanu

Mahasiswa Semester 2 Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.