GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

OPINI : PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN DEMI KELANSUNGAN HIDUP BERSAMA

Florida Enjeli
Mahasiswa Semester 2 Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng


 Ruteng,Republiknews-Menjaga kesehatan lingkungan merupakan kewajiban setiap diri individu.kesehatan lingkungan harus tetap terjaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit.terkadang dalam keadaan sehat,kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika kita sakit kita baru sadari dan merasakan betapa pentingnya kita menjaga kesehatan.karena pada dasarnya kesehatan itu sangat berharga.

     

Tubuh yang sehat bisa didapat dari pola 

hidup yang sehat pula, seperti berolahraga  secara teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi,dan lingkungan yang bersih dan sehat.Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak perhatikan dan dijaga kebersihanya.akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit,salah satu contohnya yaitu lingkungan yang kotor dapat menjadi sarang nyamuk sehingga dapat mengakibatkan nyamuk berkembang dan menimbulkan penyakit demam berdarah (DBD) yang dapat menyebabkan kematian.


 Dimasyarakat Indonesia, kebersihan menjadi masalah yang terus berkembang hingga saat ini.kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunya terus meningkat.maka dari itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjaga dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan sekitar kita,karena perihal kebersihan harus ditanamkan sejak dini,disekolah pun kita sudah diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tetap aman nyaman saat kita berinteraksi di lingkungan sekitar kita.


Upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat kita lakukan dengan cara:


1. Bercocok tanam dengan bijak 

   Bercocok tanam dengan baik dapat      meningkat hasil panen di masyarakat.untuk memberantas hama tanaman, masyarakat bisa menggunakan pestisida yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Kita juga dapat merotasi tanaman sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem.


2. Menjaga flora dan fauna 

 Dengan menjaga kelestarian hutan dan tidak melakukan pemburuan liar,kita sudah turut menjaga flora dan fauna.dengan begitu,keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

    

3.Menjaga kelestarian hutan 

Hutan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia,karena hutan yang indah akan menghasilkan oksigen yang baik bagi tubuh manusia dan dapat menyerapkan karbondioksida,daerah resapan air terbesar sehingga dapat mencegah banjir bandang, erosi, dan tanah longsor, serta tempat tinggal flora dan fauna.


 Sebagai upaya menjaga kelestarian hutan,kita dapat menanam sejuta pohon,tidak membuka lahan dengan membakar hutan, tidak melakukan penebangan pohon secara liar.

4. Reboisasi

Kondisi hutan saat ini memang sudah sangat memprihatinkan akibat banyaknya penebangan pohon secara liar dan praktik illegal.dengan kondisi yang seperti ini,hutan tidak mampu lagi meresap air sehingga terjadi banjir bandang, dan tanah longsor.oleh karena itu, kita harus melakukan reboisasi(penanaman kembali) untuk tetap menjaga kelestariannya.



Penulis Adalah Florida Enjeli

Mahasiswa Semester 2 Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.