GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pengaruh Media Massa terhadap Peningkatan Kualitas Diri Siswa

Emerensiana JebarusMahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG

Ruteng,Republiknews.com-
Saat ini media massa mengalami perkembangan signikfikan baik dari segi kualitas dan kuantitas. 


Dari segi kualitas media-media yang berkembang saat ini punya mutuh besar yang menopangkan kebutuhan masyarakat atau penggunaan media. 


Fitur-fitur yang disediakan didalamnya sudah sangat kompleks dan mengakomodir kebutuhan warga.  Ada banyak konten yang berkaitan dengan kehidupan manusia seperti pendidikan, olahraga, fashion, seni dan gaya hidup. 


 Sedangkan dari segi kuantitas media massa bisa digunakan sebagai promosi produk, mencari informasi pekerjaan dan bisa mendapatkan banyak informasi yang sangat jelas. 


 Jumlah media massa saat ini sudah terbilang cukup banyak, baik media cetak  maupun media elektronik. Contoh media cetak seperti majalah, koran dan brosur. 


sedangkan contoh media elektronik yaitu Radio, TV, HP, dan internet yang didalamnya mengandung berbagai informasi. 


Media massa merupakan sarana komunikasi dalam mengajak pesan-pesan, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ke masyarakat luas. 


Dengan melalui berbagai macam alat komunikasi seperti  Radio, TV, dan Film. 

      Jenis-jenis media massa:

  1. Media cetak ( koran, majalah dan brosur) 

  2. Media  Elektronik (  Radio, TV, HP, dan Internet) 

  3. Media Massa Satu arah artinya berasal dari satu sumber saja. 

  4. Media Massa Dua arah artinya semua orang bisa menjadi penyebar informasi dan penerima informasi. 

       Agar kita mempunyai pemahaman mengenai media massa, saya mengutipnya dari berbagai sumber. 

   • Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "Media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebar berita dan pesan kepada masyarakat luas". 


    • Menurut (Cangara, 2002), Media massa adalah alat yang digunakan dalam memikat pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti Surat Kabar, Film, Radio dan TV. 

  

   Dari pengertian di atas, saya menyimpulkan bahwa Media massa adalah sarana komunikasi yang berisikan berita,informasi, maupun Media penghibur guna untuk menunjang keberlangsungan komunikasi antara penggunanya dan masyarakat luas.  

    Media massa juga memiliki peran dan fungsi yaitu

      1) sebagai informasi

            Fungsi informasi berarti Media massa memiliki informasi yang penting untuk diketahui oleh masyarakat luas mengenai produk dan jasa mapun mengenai masalah yang sedang terjadi dan sudah terjadi dalam kehidupan manusia. 


    2) sebagia pendidikan 

          Artinya Media massa memberi pengetahuan tentang berbagai macam  ilmu yang ingin dipelajari, demi  meningkatkan kemampuan yang dimiliki seseorang serta bisa menambah wawasan. 

     3) sebagai hiburan

           Fungsi media massa ini untuk  menghibur masyarakat dengan berbagai konten seperti film, stand up comady, dan lain sebagainya. 


  Kualitas diri sisiwa merupakan gabungan dari berbagai nilai  dalam dirinya seperti  karakter, cara berpikir, cara berbicara, bersosialisasi, bersikap, dan kebiasaan yang sudah tertanam dalam kehidupannya. 


Kualitas kehidupan  seorang siswa itu dibentuk dari banyak hal yaitu pola hidup, informasi, pengetahuan, lingkungan, dan  Relasi sosial.


 Media massa sangat mempengaruhi beberapa hal diatas, mulai dari pengetahuan karena Media massa berfungsi untuk menyebar pengetahuan, menyebar informasi dan ada banyak konten-konten didalamnya yang turut mengubah polah perilaku siswa. 


Kemudian Media sosial juga termasuk Media massa. ketika seseorang mempunyai Media sosial, dia akan memiliki banyak relasi sosial dengan orang lain  serta mendapatkan pengetahuan dari relasi sosial tersebut. 


Relasi sosial seorang siswa tidak hanya didapat dari tempat tinggalnya, tetapi bisa dibangun dari berbagi tempat sehingga semakin luas pengetahuan yang dapat peroleh.  


Media sosial juga merupakan tempat orang berbagi pengalaman, baik pengalaman kesuksesan maupun pengalaman jatuh bangunan ketika memulai usaha sehingga kita bisa belajar dari pengalaman mereka yang dibagikan di media massa. 



Penulis Adalah  Emerensiana Jebarus

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.