GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Banjir Bandang Terjang Pemandian Sembahe


Deli Serdang, Republiknews.com
| Masyarakat yang berada di lokasi Obyek Wisata di Sungai Sembahe,Kecamatan Sibolangit,Kabupaten Deli Serdang,Provinsi Sumatera Utara merekam vidio durasi detik-detik mengerikan banjir bandang menerjang kawasan itu.


Dalam rekaman video durasi yang di terima wartawan,terlihat debit air sungai mengalami kenaikan tinggi, arusnya sangat deras berwarna keruh coklat,Minggu (30/04/2023).


Dalam rekaman video durasi tersebut juga terlihat adanya satu unit Mobil minibus warna Putih hanyut terseret arus.Warga masyarakat sekitarnya yang melihat ikut histeris dan prihatin, karena di pastikan ada orang di dalam Mobil tersebut.


Akibatnya arus lalu lintas di Jalan Medan-Berastagi lumpuh total setelah adanya bencana longsor dan banjir bandang,yang terjadi,Minggu (30/04/2023) sekitar pukul 15.00 Wib.


Menurut informasi yang di peroleh, longsor dan banjir bandang ini baru saja terjadi.Untuk banjir bandang, meliputi kawasan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi,Kabupaten Tanah Karo,Provinsi Sumatera Utara.


Akibat banjir bandang ini,air bercampur lumpur tumpah ruah ke jalan.Kendaraan yang ingin melintas terpaksa di minta berputar arah.Di titik lainnya,terdapat pohon tumbang. Sehingga,Polisi yang bertugas di lokasi meminta pengguna jalan untuk berputar arah.


Akibat bencara alam longsor dan banjir bandang tersebut,arus lalu lintas Jalan Medan-Berastagi macet total.Ribuan kendaraan tak bisa bergerak.


Di bagian atas wilayah Berastagi terjadi banjir bandang,sementara yang menuju ke Kota Medan terjadi longsor.


Saat ini,kondisi cuaca di Jalan Medan-Berastagi tengah di landa hujan gerimis.Pengguna jalan pun panik,karena tak bisa kemana-mana.


Kendaraan sama sekali tidak bisa bergerak,sehingga pengendara berusaha keras mencari tempat berteduh sementara waktu.


Banjir bandang juga terjadi kawasan Kecamatan Sibolangit.


" Bandang,air sungai naik kiriman dari Berastagi Kabupaten Tanah Karo," kata sumber warga masyarakat.


Sumber mengatakan (BPBD) Kabupaten Deli Serdang sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi pengunjung agar segera meninggalkan sungai.


Penyebab banjir bandang ini karena hujan deras yang terjadi di wilayah pegunungan di Kabupaten Tanah Karo.Mengingat di Berastagi masih hujan di perkirakan debit air belum turun.


Di kawasan Berastagi air sungai sudah meluap hingga ke jalan raya. Masyarakat yang hendak berpergian dari Medan menuju Berastagi atau pun arah sebaliknya di harap untuk berhati-hati.


Begitu juga dengan masyarakat pengunjung Obyek Wisata alam di Kabupaten Deli Serdang-Kabuoaten Tanah Karo agar mewaspadai kondisi ini.


Belum ada laporan apakah musibah ini mengakibatkan korban jiwa atau tidak.

(Red/ade saputra)


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.