GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

 

MARIA KURNIAWATI
Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Opini

Ruteng,Republiknews.com-Menurut pandangan saya terhadap kebersihan lingkungan sekolah yaitu akan mempunyai dampak bagi kesehatan siswa . 


Tak hanya itu juga, sekolah yang bersih dan rapi juga dapat mengembngkan nilai akademis dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar siswa dan guru.


Menjaga atau merawat kebersihan lingkungan sekolah dan alam sekitr merupakan tanggung jawab terhadap lingkungan. Menjaga kebersihan sekolah sangatlan penting agar siswa dan guru merasa  nyaman selama berada dalam lingkungan sekolah.


Lingkungan sekolah yang bersih dan cerah  akan membuat siswa belajar merasa nyaman dan berdampak yang positif bagi siswa. 


Menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya petugas kebesihan saja tapi kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab guru dan seluruh siswa yang berada dalam lingkup tersebut juga dapat memastikan siswa tidak tertular penyakit. 


Oleh karena itu, semua siswa harus dididik selalu menjaga atau mengontrol menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekolah agar kondisi fisik dan mentalnya tetap konsisten dan selalu terjaga dengan baik dan tepat.


Manfaat menjaga lingkungan sekolah yaitu bukan saja dirasakan oleh siswa dan guru saja melainkan terhadap masyrakat yang berada sekitar lingkungan sekolah tersebut, dan merasakan linkungan akan menjadi lebih luasa dan nyaman untuk dipandang dan tidak akan rentan terkena penyakit. 


Kebersihan lingkungan sekolah akan membuat menaikkan citra atau moral guru dan siswa maupun reputasi sekolah itu sendiri, supaya linkungan sekolah terlihat nyaman maka dari itu stop membuang   sampah sembarangan (buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan  di sekolah tersebut). 


Dan jangan meremehkan sampah yang ada pada lingkungan sekolah, guru dan siswa tetap bepatisipasi terhadap kebersihan lingkungan sekolah.


Kepeduliaan terhadap kebersihan lingkungan sekolah yaitu dengan melakukan menjga kebesihan, merawat tumbuhan yang ada di sekolah, dan menanam bunga, supaya terlihat lingkungan sekolah rapih dan cerah. 


Kepedulian terhadap lingkungan sekolah yaitu sikap dan prilaku yang baik dalam memperhatikan kebersihan sekolah dan juga kita dapat menghirup udara yang segar. Maka dari itu siswa harus bisa apa yang harus dijaga dan apa yang kita lakuakn dalam mengontrol dan memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah.



Penulis Adalah MARIA KURNIAWATI

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.