GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Menjaga Lingkungan Hidup


OPINI

Ruteng,Republiknews.com-Menjaga lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita sebagai umat manusia. Alam merupakan tempat kita bepijak dan tempat hidup manusia dan flora dan fauna yang ada didalamnya. 


Belum lagi masih banyak sumber daya alam yang harus kita jaga dan melestarikan bersama dalam kepedulian terhadap lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan juga sebagai cermin kita benar benar memperhatikan lingkungan yang akan kita wariskan kepada generasi yang akan datang.


Ironisnya, sebagian dari kita justru rakus terhadap alam. Mengambilnya sesuka hati, mengekploitasi tampa berfikir dampak negatifnya mereka melakukan itu demi kepentingan sendiri tanpa memikirkan orang lain. 


Tak heran banyak krisis dan bencana yang terjadi dikarenakan ulah manusia yang semena-mena terhadap lingkungannya. Contoh nyata kerusakan lingkungan akibat ulah manusia yaitu kebakaran hutan penyebab kabakaran hutan bisa terjadi karena faktor musim kemarau membuang sampah sembarangan dan menebang hutan secara liar. 


Pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi masyarakat adalah agar masyarakat menjadi lebih teratur dan rapi sehingga terjadi keseimbangan dan keselarasan antara lingkungan rumah dan alam sekitarnya, 


dapat menghindari sedini mungkin perkembangbiakan nyamuk dan serangga lain penyebab munculnya penyakit dengan membersihkan seluruh selokan dan tong sampah.


 Agar lingkungan menjadi lebih bersi dan nyaman, terhindar dari serangan polusi udara yang berefek buruk menjadi suasana lebih tenang dalam aktifits sehari-hari.


Sebagai makhluk sosial, manusia tidak terlepas dari proses interaksi karena kebersihan lingkungan hidup sangat mempengaruhi proses interaski. 


Meski di lakukan dengan cara saksama, menjaga lingkungan hidup bukan hanya semata mata merupakan tanggung jawab perorang atau pemerintah saja melainkan tanggung jawab kita semua.


 Meskipun dengan sungguh pemerintah melakukan berbagai cara agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, namun yang dibutuhkan adalah bagaimana kesadaran masyarakat untuk menjawab ketegasan pemerintah dalam merawat dan menjaga lingkungan agar tetap aman.


Perlu disadari bahwa alam adalah tempat kita manusia berpijak, rlora serta fauna yang ada didalamnya. Belum lagi masih banyak sumber daya alam yang harus benar-benar bisa kita jaga dan lestarikan bersama-sama dalam melansungkan hidup.


Kepedulian terhadap lingkungan sebagai cerminan bahwa kita benar benar memperhatikan lingkungan yang ada.kenyataanya sebagian dari kita justru rakus terhadap alam. Mengambil sesuka hati isi alam tanpa memikirkan dampak negatifnya dan melakukan hal itu demi keuntungan peribadi dan merusak ekosistem yang ada di bumi.



Penulis Adalah Enilia Lekadin 

Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVERSITAS KHATOLIK INDONESIA SANTU PAULUS RUTENG


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.