Iklan

Iklan

,

Iklan

PEDULI MALUKU, GUBERNUR SALURKAN 9.985 PAKET SEMBAKO GRATIS

Republiknews
Selasa, 11 April 2023, April 11, 2023 WIB Last Updated 2023-04-11T07:11:51Z


Ambon, Republiknews.com
  – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, maka Pemerintah Provinsi Maluku bersama stakeholder terkait, melaksanakan Kegiatan Peduli Maluku, Gelar Pasar Murah dan Launching Bantuan Pangan Nasional untuk Pengendalian Inflasi Jelang Idul Fitri 1444 H, berpusat di Lapangan Merdeka Ambon, pada Selasa (11/4/2023).


Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Murad Ismail yang ditandai dengan pemukulan tifa, sementara untuk pelepasan distribusi bantuan ke Kabupaten Kota se-Maluku ditandai dengan pengibaran bendera.


Hadir juga pada kesempatan tersebut, Forkopimda Provinsi Maluku, Bupati/Walikota se-Maluku, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Ketua TGPP Provinsi Maluku, Jajaran OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Perbankan, BUMN, instansi vertical se-Maluku, Tim Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Pelaku Usaha, dan unsur lainnya.


Dalam Laporan Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Provinsi Maluku Hadi Basalamah, disampaikan bahwa, Peduli Maluku ini, merupakan salah satu program yang digagas oleh Gubernur Maluku kurang lebih tiga tahun lamanya, dan sebagai wujud komitmen dan konsistensi Gubernur dan TPID Maluku dalam rangka mengatasi berbagai upaya pengendalian inflasi khususnya jelang Hari Besar Keagamaan Nasional, seperti pada saat Lebaran dan Natal Tahun Baru, sebagai bentuk intervensi dalam meringankan beban masyarakat.


“Selain program Peduli Maluku, ada juga Bantuan Pangan Nasional yang dirangkaikan dengan pelaksanaan pasar murah sebagai fungsi untuk menstabilisasi bahan kebutuhan pokok, dimana pada kegiatan Peduli Maluku ini, terkumpul 9985 paket sembako, yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, teh celup, susu kental manis, dan mentega, semuanya merupakan kolaborasi dan Kerjasama dengan Perbankan dan BUMN, sehingga hasil ini bisa terkumpul dan akan disalurkan untuk kepentingan masyarakat, sesuai araha Gubernur.” Jelas Basalamah.


Pada kesempatan itu juga, Ketua TGPP mengatakan, khusus untuk minyak goreng baru masuk 14 kontener, dengan jumlah kurang lebih ada 285.000 liter, dimana minyak goreng memang menjadi program dan arahan pusat yang akan dijual Rp.13.000/liter dan ini adalah harga yang paling murah.


“Sementara untuk Bantuan pangan nasional untuk Provinsi Maluku jumlahnya ada 3.856 ton yang akan diterima oleh 11 kabupaten kota sesuai dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dibagi berdasarkan kebutuhan untuk daerah masing-masing.” Tambahnya.


Sebelum menutup laporannya, Basalamah, mengatakan, ada stan yang ada diisi oleh pihak perbankan, bulog, bumn, retail, yang menggelar pasar murah, dengan harga terjangkau oleh daya beli masyarakat, dan dirinya memastikan harga  jualnya di bawah harga pasar.


Di tempat yang sama juga Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Kegiatan Peduli Maluku Gelar Pasar Murah, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat Maluku, menjelang perayaaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, dan biasanya dilakukan juga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.


“Pada kesempatan ini akan dibagikan secara gratis 9.985 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di 11 kabupaten kota, yang nantinya juga kegiatan ini dirangkaikan dengan launching Bantuan Pangan Nasional Bagi Keluarga Penerima Manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.” Tambahnya.


Orang nomor 1 di Maluku itu juga menyampaikan, bahwa kita semua patut bersyukur, karena menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H tahun 2023, stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku, masih tersedia dalam jumlah yang cukup, dan ini semua berkat kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Provinsi ini . 


“Untuk itu atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.Sebelum mengakhiri sambutan, atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, mengucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023, Mohon Maaf Lahir dan Batin.” Tutupnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis, peninjauan stan pasar murah, dan pengecekan sembako pada truk untuk pendistribuan ke kab/kota. 

(S Hitimala)


Adv 1

Adv ll