GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Tema : Diaspora gerakan pendidikan di Desa Buano Utara


Republiknews.com, Maluku
- Diskusi publik yang diselenggarakan oleh Forum Dialektika Jalan Juang dan Penggerak Milenial Indonesia (PMI DPD Maluku) di gedung pasar rakyat desa Buano Utara pada senin, 17 April 2023 yang di ikuti oleh sejumlah siswa dan mahasiswa asal desa Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang Provinsi Maluku. 


Kegiatan diskusi dan buka Lafak baca di area pasar rakyat desa Buano Utara ini sebagai bentuk perhatian terhadap dunia pendidikan serta mengingatkan pada kesadaran membaca agar kelak generasi muda yang berasal dari desa Buano Utara akan mengerti dan menyadari fungsinya sebagai pelajar.


Menurut salah satu pemantik dalam kegiatan diskusi publik kali ini mengatakan bahwa, tugas generasi muda adalah menciptakan ide-ide kreatif dan tugas generasi tua adalah mengeksekusi atau menggolkan harapan generasi muda yang memiliki kesadaran penuh terutama didalam dunia pendidikan. (Ajuan Hitimala) 


Sementara itu Menurut kepala sekolah SMP 16 Seram Bagian Barat (Sudin Tamalene) beliau mengatakan bahwa kemajuan dan perubahan baik itu perubahan ekonomi maupun perubahan politik haruslah dibekali dengan kematangan berpikir dan tentu melalui jalur pendidikan serta dengan cara belajar yang maksimal. 


Dilanjutkan oleh Kepala MTs Muhammdiyah Pulau Buano (Sarmadhan Tombalissa) Belajar bukan hanya didapatkan melalui jalur-jalur formal namun bisa melalui jalur tertentu yakni belajar di luar sekolah, atau dengan cara membaca kita akan mengurangi krisis pengetahuan. Beliau mengutip sebuah pepatah arab yang mengatakan belajarlah kamu sampai ke negeri Cina, artinya belajar tidak hanya sebatas ruang-ruang kelas namun semua tempat bisa di jadikan sekolah dan semua orang bisa dijadikan guru untuk belajar. Imam Ali.


Untuk meningkatkan minat baca generasi muda dan untuk melacak gerakan pendidikan di Desa Buano Utara, maka kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Dialektika Jalan Juang dan Penggerak Milenial Indonesia Daerah Maluku. Dengan Harapan semoga kegiatan yang diselenggarakan dapat menarik generasi muda agar mimiliki minat baca dan pemerintah desa dapat mempasilitasi semangat generasi muda dengan cara membangun Perpustakaan Desa, demi memberi dampak positif bagi generasi desa Buano Utara di hari-hari depan. Tutup moderator Diskusi Publik (Sandi Tuhuteru).

Sahril Hitimala




Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.