GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Wabub Lampura Hadiri Kegiatan Senibudaya Cangget Bagha Didesa Kota Agung


Lampura-Republik News,
Cangget Bagha Mulei Meranai di Desa Kota Agung, Kecamatan Sungkai Selatan, begitu meriah dengan suara gemuruh tepuk tangan diiringi sorakan ketika menyaksikan secara langsung orang nomor dua di Lampung Utara (Lampura) menarikan tarian cangget. Bahkan ada warga juga yang mengabadikan momen langka itu dengan cara mengambil vidionya dan berpoto selfie. 


"Alhamdulillah, Cangget Bagha Mulei Meranai malam hari ini begitu ramai, hal itu menunjukkan kecintaan pemuda pemudi disini begitu cinta dengan ada budaya Lampung sehingga nanti dapat membawa kemajuan juga bagi Lampung Utara, " Kata Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra kepada seusai menari tarian cangget bersama dengan tokoh adat di Kecamatan Sungkai Selatan, Rabu (26/4/2023) 


Menurut dia, dalam melestarikan ada budaya Lampung merupakan peran yang penting di era modern ini untuk tetap mempertahankan adat budaya Lampung meskipun telah banyak budaya budaya asing yang sudah mulai masuk kita masih bisa terus melestarikan adat budaya peninggalan nenek moyang sampai saat ini. 


"Kita harus bersama sama melestarikan adat budaya Lampung sebagai upaya mendukung pemerintah memajukan kabupaten tercinta agar bisa berkembang menjadi lebih baik, " Tuturnya. 


Sementara, Panda dessi saputra/ ketua lembaga masyarakat desa kota agung mengatakan Cangget Bagha Mulu Meranai bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat khusus pemuda pemudi untuk mengenal lebih jauh adat budaya Lampung yang kian hari semakin memudah tergerus perkembangan dunia modern. 


"Jadi dengan adanya kegiatan semacam ini, pemuda pemudi bisa terus belajar dan mengenal budaya Lampung, " Jelasnya. 


Cangget Bagha Mulei merani memiliki makna yaitu mempertemukan antara perempuan dan laki laki dari berbagai desa agar mereka bisa saling kenal satu sama lain sehingga kedepan bisa selalu terjalin ke keluarga dan silaturahmi juga terus terjaga. 


"Ini artinya dari cangget Bagha Mulei Meranai yang pada intinya mempertemukan perempuan dan laki laki agar bisa saling mengenal, " Tuturnya. 


Terpisah Camat Sungkai Selatan Riya Yuliza menyampaikan Cangget Bagha Mulei merani adalah agenda tahunan. Tujuannya untuk memperkenalkan kepada pemuda pemudi di Kecamatan Sungkai Selatan tentang adat budaya Lampung. 


"Kita bisa saksikan sendiri, antusias pemuda pemudi disini begitu ramai agar adat budaya lampung bisa terus kita lestarikan sampai kapan pun, " terangnya. 

(RASYID)

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.