GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Bahaya asap rokok

Maria Fransiska, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

OPINI: Bahaya Asap Rokok

Manggarai,Republiknews.com-Rokok adalah lintingan atau gulungan tembakau yang digulung atau dibungkus dengan kertas daun atau kulit jagung sebesar kelingking, sedangkan merokok adalah membakar tembakau kemudian diisap, lalu perokok adalah orang menghisap atau suka merokok.


Kita semua pasti sudah tidak asing dengan kata merokok. Merokok sudah menjadi pecandu bagi yang merokok, tak hanya laki- laki bahkan ada pula perempuan juga loh  yang merokok. 


Berawal dari  penasaran hingga akhirnya membuat sebagian orang candu akan merokok, sebagian perokok mengatakan bahwa dengan merokok akan menghangatkan tubuh Mereka dan membuat mereka semangat untuk bekerja. Tapi perlu kita ketahui beberapa hal bahwa merokok akan memicu gangguan kesehatan kita. 


Perokok sendiri dibagi menjadi dua yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif itu sendiri  adalah yang dimana  orang yang secara langsung menghisap dan sering merokok, 


sedangkan perokok pasif adalah orang yang secara sengaja maupun tidak sengaja menghirup paparan asap rokok, meskipun sedikit zat kimia yang masuk kedalam tubuh kita tapi akan mengganggu kesehatan. 


Setiap orang yang secara langsung maupun tidak langsung  mempunyai resiko terkena penyakit yang sama dengan yang perokok aktif. Yang dimana akan menyebabkan penyakit paru-paru, penyakit kanker, stroke, gangguan kehamilan dan janin dan masih banyak penyakit lainnya. 


Sebagai seorang perokok harus bisa mengontro diri  saat mereka dilingkungan umum, maupun di rumah masing-masing apalagi disitu ada wanita hamil, balita, mereka tidak boleh merokok didekat mereka, karena dapat mengganggu ibu hamil maupun balita karena asap rokok ini sangat berbahaya bagi mereka.


 Kenapa? Karena asap rokok mengandung zat kimia dimana akan mengganggu perkembangan janin, bahkan dapat meningkatkan resiko keguguran, begitu pula pada balita dimana salah satunya adalah menyebabkan penyakit asma, karena imun balita masih sangat lemah dan  sangat rentan terkena penyakit. 


Banyak orang bertanya bahwa orang yang tidak merokok atau perokok pasif terkena penyakit yang berbahaya dari paparab asap rokok bahkan perokok pasif ini bisa dibilang dia 3x lipat terserang penyakit dibandingkan dengan yang perokok aktif. 


Hal itu karena  perokok pasif  menghisap asap dari rokok yang tentu saja tanpa filter ditambah asap rokok yang telah keluar dari paru- paru perokok beda dengan yang perokok aktif dia memang menghisap rokok secara langsung tapi ada filternya. 


Bagi para perokok juga harap agar melihat situasi pada saat perokok, jangan hanya karna satu orang saja yang merokok semua orang ikut terkena penyakit karena asap rokok ini. 


Dengan begitu banyaknya dampak dari asap rokok ini mari kita sama- sama menjaga satu sama lain dengan cara: 


 - merokok di tempat yang terbuka dan yang sudah tersedia

 - terhindar dari jangkauan anak- anak dan ibu hamil

- bagi seorang perokok agar tidak terlalu sering merokok karena dapat menimbilkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan

 - bila perlu yang merokok untuk berhenti 

merokok

 Sayangi dirimu dan sayangi semua orang dengan saling menjaga kesehatan satu sama lain.



Penulis : Maria Fransiska

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.