GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Belajar Menyenangkan Melalui Quizizz


Oleh: Rosina Zahara, M.Pd

Guru SDN Keumumeng Hulu, Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur


Komponen utama dari proses pendidikan yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku adalah belajar. Perubahan psikomotor, afektif, dan kognitif adalah di antaranya. Pembelajaran aktif, partisipasi siswa, dan komunikasi interaktif antara guru dan siswa diperlukan untuk kegiatan pembelajaran ini. Latihan pembelajaran harus direncanakan sedemikian rupa untuk mencapai target pembelajaran. Pemahaman konsep siswa, penguasaan materi, dan prestasi belajar semuanya menunjukkan keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Untuk berpartisipasi dalam tantangan pembelajaran berbasis digital sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi, mendorong pengembangan media pembelajaran baru, efisien, dan efektif. Oleh karena itu, guna memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, diperlukan media pembelajaran berbasis digital (Irwan et al., 2019). Media pembelajaran dibutuhkan oleh pengajar sebagai alat untuk menyampaikan materi sehingga menjadi waktu yang tepat bagi siswa.

Telah banyak diperkenalkan media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para pendidik, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis Quizizz , tentunya juga dapat digunakan untuk tujuan menyampaikan materi dalam pengalaman yang berkembang, khususnya untuk mengukur pemahaman siswa sekaligus mendapatkan materi yang telah diajarkan. Quizizz sendiri merupakan aplikasi permainan edukatif yang bersifat cerita dan adaptif, selain dapat digunakan untuk keperluan penyampaian materi, Quizizz juga dapat digunakan sebagai media penilaian pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Siswa dapat dengan mudah menjadi tertarik pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan dan kemudian mengembangkan media evaluasi melalui aplikasi Quizizz untuk mencapai tujuan pendidikan mengingat kemudahan akses media pembelajaran saat ini.

Generasi emas di Indonesia sedang terombang-ambing oleh derasnya transisi pandemi. Aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran akhirnya melahirkan aplikasi Quizizz sebagai penunjang kelangsungan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi akibat pesatnya arus globalisasi. Karena aplikasi Quizizz bersifat online, maka dapat digunakan dengan mudah jika memiliki akses internet yang memadai. Agar Quizizz menjadi aplikasi kompetitif sebagai media pembelajaran di tengah adaptasi pandemi Covid-19, maka pengembangan media pembelajaran Quizizz harus dilakukan secara berkesinambungan.

Pola pembelajaran tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran. Rancangan pembelajaran yang terkoordinasi kemudian diterapkan mengingat keterbatasan inovasi instruktif. Pada hakikatnya, Indonesia menggunakan empat pola pembelajaran: 1) Pola Tradisional, yang menekankan hubungan langsung antara guru dan siswa; 2) Pola Guru-Media; 3) Pola Pembelajaran Berbasis Media; dan 4) Pola Pembelajaran Hanya Media. Kategori pola pembelajaran nomor tiga meliputi penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran. Hal ini menempatkan media sebagai bagian dari sistem pembelajaran sejajar dengan bagian lainnya. Pola multimedia interaktif yang diberdayakan oleh aplikasi Quizizz adalah pola pembelajaran.

Aplikasi Quizizz memiliki manfaat yang dapat dimanfaatkan secara efektif selain media pembelajaran, juga sebagai materi penilaian pembelajaran, misalnya terdapat informasi dan estimasi faktual pelaksanaan pembelajaran siswa, yang konsekuensinya dapat menggambarkan sejauh mana siswa dapat menginterpretasikan materi tersebut. , yang nantinya akan menjadi bahan estimasi penilaian pembelajaran. bersama. Dengan demikian, memberi guru evaluasi rona segar dan membekali siswa dengan pola pembelajaran yang menarik. Terdapat berbagai elemen yang dapat diakses dalam aplikasi Quizizz yang dapat digunakan sebagai salah satu perangkat pendidik dalam memberikan tugas atau tugas sekolah. Karena aplikasi Quizizz memiliki tampilan yang segar dan dikemas dengan hal-hal yang menyenangkan, siswa dapat merasakan bahwa belajar tidak terlalu berat memikirkan jawaban selain mengerjakan tugas.

Keinginan setiap siswa untuk belajar dapat dimotivasi secara positif oleh komponen permainan yang kreatif, inovatif, penuh petualangan, dan menghibur. Sehingga dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan pendidikan serta menjadikan pembelajaran menyenangkan bagi siswa. Quizizz adalah Perangkat Internet untuk membuat tes intuitif yang sepenuhnya masuk akal untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.

Adapun cara penggunaan dari aplikasi Quizizz adalah sebagai berikut,

  1. Masuk ke www.quizizz.com.

  2. Klik tulisan log in.

  3. Kemudian, klik tulisan teacher, sebagai pengajar.

  4. Masukkan identitas diri, berupa username¸email, dan password.

  5. Jika sudah dinyatakan masuk, kemudian buat kuis, pada tulisan create a quiz.



Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.