GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

KESEHATAN MENTAL REMAJA

Reneldis Sanus, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng 

 OPINI:KESEHATAN MENTAL REMAJA

Manggarai,Republiknews.com-Kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejateraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri,memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan,mampu bekrja secara produktif dan menghasilkan,serta mampu memberikan konstribusi kepada komunitasnya.


Pada masa ini,kesehatan mental menjadi isu yang hangat untuk diperbicang.Banyak orang yang masih mengangap bahwa keshatan hanya berupa kesehatan fisik saja,mereka belum menyadari bahwa kesehatan mental juga sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang 


Menurut WHO,kesehatan mental merupakan keadaan sejaterah dimana setiap individu mampu mewujudkan kemampuanya untuk mengelola stres kehidupan dengan wajar,bekerja secara produktif,serta berperan dalam komunitas.


Beberapa macam gangguan kesehatan mental yang sering  ditemukan,antaralain:despresi,ganguan dipolar,skizonefrania(halusinasi),dan ganguan kecemasan.


Diera moderen saat ini kemudahan akses teknolongi membuat remaja semakin mudah dalam menemukan jati dirinya.tapi terkadang ada juga remaja yang masih suka kesulitan dalam menemukan jati dirinya.bahkan masih suka membanding bandingkan dirinya dengan orang lain.


 Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas)2018

Menunjukan lebih dari 19 juta jiwa penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami ganguan mental emosional.dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.


BEBERAPA GEJALA ATAU TANDA PENYAKIT MENTAL YANG MUNGKIN TERJADI PADA ANAK 


Perubahan perilaku

Ketika anak menjadi lebih sering bertengkar,cenderung kasar,hinga berkata kasar yang menyakiti orang lain pdahal sebelumnya tidak,anda perlu curiga.tak hanya itu saja ,anada juga mungkin melihat perubahan prilaku anak seperti lebih mudah marah dan merasa frustasi.


Perubahan mood

Tanda penyakit mental lainya adalah mood atau suasanaa hati anak yang berubah secara tiba tiba.kondisi ini bisa berlangsung sebentar hinga jangaka waktu yang tidak menentu.

Kesulitan berkosentrasi

Anak anaka yang menderita ganguan mental cenderung sulit fokus atau memperhatikan dalam waktu yang lama.selain itu,mereka juga memiliki kesulitan untuk duduk diam dan membaca

Penurunaan berat badan

Ganguan mental juga mempengaruhi kondisi fisik anak tak hanya penyakit fisik,berat badan yang menurun drastis juga bisa menjadi tanda penyakit mental anak.


Menyakiti diri sendiri

Perhatikaan saat anak sering mengalami kekawatiran serta rasa takut berlebihan.perasaan in dapat berujung keinginaan untuk menyakiti diri sendiri


Munculnya berbagai masalah kesehatan

Penyakit atau ganguan mental juga dapat ditandai dengan masalah pada kesehatanya,misalnya anak mengalami sakit kepala dan sakit perut yang berkelanjutan.


Perasaan yang intens

Anak anak kadang menghadapi perasaan takut yang berlebihan tanpa alasan.tanda ganguan mental pada anak ini seperti menangis,berteriak atau mual disertai dengan perasaan yang sangat intens.


PENDAPAT 

Menurut pendapat saya kesehatan mental merupakan kondisi dimana individu memiliki kesejateraan yang tanpak dari dirinya yang mampu menyadari potensi dirinya sendiri,memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasai dalam kehidupan,maupun bekerja secara produktif dan menghasilkan,serta mampu memberikan konstribusi.


SARAN

Agar kesehatan mental dapat diperhatikan dengan lebih serius,terutama para generasi mudah,karena mental yang baik akan menghasilkan kualitas kehidupan yang baik dan akan melahirkan generasi penerus yang baik pula. 



Penulis : Reneldis Sanul

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.