GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Komunitas SMPN Satap Pong Meleng Ceria Gelar Webinar Online

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai,  Fransiskus Gero, S.Pd.

Manggarai,Republiknews.com-
Komunitas Belajar SMPN Satap Pong Meleng Ceria menggelar Webinar Perdana di Platform Merdeka Belajar (PMM) dengan tema Memaksimalkan Aplikasi e-Rapor Kurikulum 2013 Versi 2023.1. 


Tema ini dipilih karena baru-baru ini Kemendikbud Ristek dalam hal ini Dirjen SMP baru merilis versi terbaru e-rapor kurikulum 2013 versi terbaru dan persiapan satuan pendidikan untuk pelaporan hasil belajar siswa kelas IX.


Kegiatan Perdana ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Bapak Fransiskus Gero, S.Pd.


 Dalam sambutannya Pak Kadis berterimakasih dan mengapresiasi kerja baik dan kolaborasi para Guru SMPN Pong Meleng yang sudah bertransformasi dari manual ke digital dalam berbagai pelaksanaan pendidikan salah satunya pemanfaatan aplikasi e-Rapor sebagai alat pelaporan hasil belajar peserta didik yang lebih riil dan transparan.


 Pemerintah dalam hal ini Dirjen SMP sudah menyiapkan aplikasinya untuk memudahkan satuan Pendidikan, para operator, administrator, kepala sekolah dan para pendidik dalam mengolah hasil belajar karena sudah terintegrasi dengan Dapodik. 


Beliau juga menyampaikan pentingnya sekolah terus berinovasi di tengah perkembangan revolusi industri 4.0 yang terus berkembang tak terkecuali di dunia pendidikan dengan konsep IoT (Internet of Things) internet untuk semua keperluan seperti kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh komunitas belajar SMPN Pong Meleng ini.


 "Sudah saatnya pendidikan di Kabupaten Manggarai bergerak dan saya melihat pergerakan pemanfaatan teknologi pendidikan justru berasal dari sekolah pinggiran kabupaten Manggarai yaitu di SMPN Satap Pong Meleng" tambahnya. Disela akhir sambutannya keinginan beliau yang belum terlaksana adalah mengunjungi secara langsung sekolah SMPN Satap Pong Meleng.


Pemaparan materi terkait rilis terbaru aplikasi e-Rapor kurikulum 2013 versi 2023.1, cara instalasi, cara input data dan pengisian e-Rapor sampai pada teknis koneksi antar perangkat untuk pengisian e-Rapor baik oleh Guru bidang studi dan Wali kelas dipaparkan langsung oleh Narasumber Bapak Rikardus Arfin Tambe, S.Pd.,Gr yang juga merupakan Kepala SMPN Satu Atap Pong Meleng. 


Pengalaman beliau yang sebelumnya adalah pendidik sekaligus operator sekolah di satuan Pendidikan yang lama, membuat sesi webinar terkait e-Rapor ini sangat detail penjelasannya baik dalam tataran konsep maupun hal teknis terkait aplikasi dan koneksi antar perangkat. 


"Ini adalah pengalaman pertama saya mengisi webinar di komunitas sekolah. Saya sangat bangga untuk kerja kolaborasi kami semua di SMPN satap Pong Meleng. Semoga praktik baik pemanfaatan e-Rapor kurikulum 2013 versi terbaru di sekolah kami dapat kami bagi kepada rekan-rekan guru di sekolah lain. Sekolah kami siap untuk berkolaborasi bersama dalam pemanfaatan aplikasi e-Rapor kurikulum 2013" Katanya sesaat ketika akan menutup sesi pemaparan materi.


Peserta yang terdaftar dalam webinar pada laman Platform Merdeka Mengajar Komunitas Belajar SMPN Satap Pong Meleng Ceria berjumlah 53 Peserta, namun yang mengikuti webinar secara langsung melalui aplikasi Google Meet sebanyak 24 peserta yang terdiri atas jenjang SD, SMP dan SMA. 


Dari hasil isian feedback dari peserta setelah sesi webinar, kebanyakan peserta baru pertama mengikuti webinar dengan topik berkaitan dengan e-Rapor kurikulum 2013. Untuk penilaian terhadap narasumber, rata-rata peserta memberi nilai sangat baik dalam penyajian materi.


Untuk program kerja komunitas sekolah SMPN Satap Pong Meleng Ceria sendiri akan menyelenggarakan webinar satu kali dalam sebulan dengan tema-tema yang lain seperti Pemanfaatan Chromebook untuk pembelajaran dan asesmen baik online maupun offline, Program ekstrakurikuler sekolah untuk pengembangan profil pelajar pancasila, pengolahan pupuk dan ekoenzim, pendampingan sekolah untuk peserta didik inklusi dan program sekolah ramah anak.


.

NM

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.