GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Yustina Ana Sanur, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng


OPINI : Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Fisik Dan  Mental

Manggarai,Republiknews.com-Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI),olahraga adalah gerakan badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh,seperti contohnya sepak bola,berenang,dan lempar lembing.olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim,dilakukan untuk hiburan.


Olahraga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan,keseimbangan tubuh,dan menjaga mood.Olahraga perlu dilakukan demi memiliki tubuh yang sehat dan memiliki banyak energi.

MANFAAT OLAHRAGA

Menaikan mood

Melakukan kegiatan aerobik berintensitas sedang sekurang kurangnya 150 menit seminggu dapat menurunkan resiko kematian dini dan membuat tubuh lebih bersemangat.

Walau hanya dengan melakukan aktivitasolahraga ringan,namun jika secara teratur akan membuat kita semakin bersemangat menjalani hari dan mood lebih terjaga.ini sebabnya olahraga perlu dilakukan di pagi hari agar mood meningkat sebelum beraktivitas.


Mencegah penyakit

Anak anak ,orang dewasa,dan orang tua saat melakukan olahraga bisah lebih optimal dalam menjaga kesehatan.sederhana saja seperti seperti olahraga jalan kaki,renang,bersepeda,sepak bola,lari,atau senam aerobik dapat membantu mencegah sejumlah kondisi buruk jangka panjang.


Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah(cardiovascular)

Olahraga teratur dapat membantu mencegah atau menangani banyak masalah kesehatan,termasuk:stroke,sindrom metabolik,tekanan darah tinggi,dan masalah jantung.olahraga juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan resiko kematian dari beragam penyebab.


Mencegah Osteoporosis

Olahraga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri sendi atau nyeri pinggang bawah. Olahraga yang sedang, termasuk berjalan, berenang, dan bersepeda  dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoarthritis.


Olahraga jika dilakukan oleh orang muda dan anak anak-anak dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu untuk mempertahankan tulang yang kuat. Bahkan mampu memperlambat degenerasi tulang di kemudian hari.


Mencegah kanker

Penyakit kangker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan radikal bebas. Aktivitas jasmani yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara untuk membantu mencegah kanker tersebut.


Orang yang rajin berolahraga cendrung lebih rentan terkena kanker tertentu jika tidak aktif secara fisik. Resiko kanker payudara dan kanker usus adalah sekitar 25% lebih rendah dibandimgkan dengan orang yang tidak aktif olahraga.


Mencegah Diabetes 

Rutin melakukan olahraga dapat membantu mencegah diabetes. Manfaat olahraga juga dapat mengurangi faktor-faktor lain sebagai penyebab resiko diabetes, misalnya obesitas. 


Bahkan jika sudah terlanjur terkena diabetes, olahraga secara teratur dapat membantu mengontrol sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan tekanan darah.


Mencegah Kesehatan Mental 

Olahraga teratur dapat mengurangi resiko depresi dan demensial. Hal ini juga dapat membantu untuk mengobati depresi jika sudah memiliki kondisi tersebut


 Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan . kecendrungan merasa lebih bahagia, memiliki citra diri dan kesejahtraan yang lebih baik jika aktif secara fisik.


KESIMPULAN

Oalhraga adalah cara alami untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.olahraga adalah suatu keharusan agar kesehatan fisik dan mental bisa terjaga.apabila kita sering berolahraga maka akan muncul manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita.


SARAN

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.mental yang sehat akan membuat pikiran menjadi positif sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik.penting untuk diingat bahwa kesehatan mental merupkan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelihara sebaik mungkin 



Penulis : Yustina Ana Sanur

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.