GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar

Femilia Saputri Wanus, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

Manggarai,Republiknews.com
-Saat ini gadget tergolong mudah didapatkan oleh siapa saja termasuk anak-anak. Mulai dari untuk urusan bisnis pendidikan sosial media, hiburan dan game.


Game sudah wajib ada dalam aplikasi gadget baik yang online maupun offline. Game offline bisa dimainkan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet. Sedangkan game online saat dimainkan harus menggunakan jaringan internet.


Game online adalah permainan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Arti game online dalam bahasa Indonesia adalah permainan daring.


Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu. 


Game online biasanya banyak pemintan, mulai dari anak -anak hingga orang dewasa. Sehingga tidak heran banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan bermain game online dibandingkan  menghabiskan waktunya dengan teman- teman atau pun keluargan. Banyak juga pelajar  yang mementingkan game online dibandingkan belajar atau membaca.


Prestasi belajar gemilang yang dicapai oleh siswa merupakan lambang kejayaan suatu lembaga pendidikan. Pencapaian hasil belajar tersebut juga perlu diciptakan antara pihak sekolah dengan dukungan orang tua.


 Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengigat, akan tetapi lebih luas dari pada itu yakni mengalami proses belajar. Hasil belajar bukan suatu hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan. 


Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Adanya motivasi belajar dapat diihat dari prestasi yang didapat oleh peserta didik dan juga karakter yang dimiliki, baik pelajar sekolah ataupun mahasiswa perguruan tinggi.


Game online menjadi pengaruh utama dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik. Semakin lama permainannya semakin menyenangkan, mulai dari tampilan, gaya bermain dan lain sebagainya. 

Contoh Game Online yang Populer di Indonesia

Nah, bagi Anda yang ingin gaul dan supaya tidak dibilang kuper dalam dunia game, berikut ini adalah contoh game populer di Indonesia yang sering dimainkan oleh anak-anak dan para remaja serta orang dewasa.

1. PUBG. PlayerUnknown Battlegrounds, berfokus pada gameplay survival berskala besar. Kamu terdampar di sebuah pulau dan harus melakukan penjarahan seperti pakaian, tempat tinggal, senjata dan lain-lain. Kalian bisa bermain secara tim dan solo player dan harus bertahan hidup di tengah serangan pemain lain.


2. League of Legends. Game ini sempat menjadi dipertandingkan pada Asian Games ke-18 Jakarta Palembang dan bisa dibilang salah satu saingan utama Dota 2. League of Legends adalah game yang dikembangkan oleh Riot dan di Indonesia dirilis oleh Garena. Game ini menawarkan pertempuran 5v5 dimana pemenang akan ditentukan oleh tim yang bisa menghancurkan markas atau base lawan.


3. Garena Free Fire atau biasa disebut Free Fire adalah permainan battle royale yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS. Permainan ini merupakan permainan piranti genggam yang paling banyak diunduh secara global pada tahun 2019.

Dampak Game Online

Tak kalah juga bervariasi tipe permainan seperti perang, petualangan, perkelahian dan masih banyak lagi. Semakin menarik suatu permainan maka semakin banyak orang yang memainkan game tersebut. Ketagihan memainkan game online akan berdampak buruk untuk segi akademik saat pemainnya masih dalam usia sekolah.


Dalam bermain game online ada berbagai dampak yang ditimbulkan. 

Dampak negatif dari game online yaitu 

• Bisa membuat kecanduan berlebihan dan lupa dengan segala hal.

• Membuat diri menjadi malas belajar .

• Dapat merusak mata dan saraf.

• Sulit berkonsentrasi dalam pelajaran 

• Sulit dalam berinteraksi dan berekspresi.

• Sosialisasi menjadi berkurang.

• Apabila mengalami kekalahan secara terus-menerus dapat menimbulkan stress.


Game online memang memberi manfaat hiburan, menghilangkan penat, menyalurkan hobi dan mendapat teman baru. Namun terlalu banyak memainkan game online dan mengabaikan tugas lain adalah suatu hal yang buruk. Jadi, jadilah smart player, mainkan game di waktu yang tepat dan pintar dalam  mengatur waktuu .semoga bermanfaat


Penulis:  Femilia Saputri Wamus

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.