GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PENTINGNYA KESEHATAN MASYARAKAT DESA

Restiana JeniaMahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng


OPINI

Ruteng,Republiknews.com-Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.


Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melidungi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha masyarakat dalam pengadaan pelayanan kesehatan. Perkembangan kesehatan masyarakat sudah dimulai sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern.


Perkembangan kesehatan masyarakat pada garis besarnya dibagi menjadi dua periode, yaitu sebelum perkembangan ilmu pengetahuan (prescientific period) dan sesudah perkembangan ilmu pengetahuan itu berkembang (scientific period).


Winslow (1920) mendefinisikan kesehatan masyarakat yang sampai sekarang masih relevan, yaitu kesehatan masyarakat (public health) adalah ilmu dan seni, mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan sanitasi lingkungan.


Pemberantasan penyakit-penyakit menular, pendidikan untuk kebersihan perorangan, perorganisasian pelayanan medis, perawatan, diagnosis dini, dan pengobatan, pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatan.


Disiplin ilmu yang mendasari ilmu kesehatan masyarakat antara lain, mencakup : Ilmu Biologi, Ilmu Kedokteran, Ilmu Kimia, Fisika, Ilmu Lingkungan, Sosiologi, Antropologi, Psikologi, Ilmu Pendidikan. Oleh karena itu ilmu kesehatan masyarakat merupakan ilmu yang multidisiplin. Secara garis besar, disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatan masyarakat, atau sering disebut sebagai pilar utama yaitu: Epidemiologi, Biostatistik, Kesehatan Lingkungan, Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku, Administrasi Kesehatan Masyarakat, Gizi Masyarakat, Kesehatan Kerja.


Penulis Adalah Restiana Jenia

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.