GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Marisa Yolanda Putri Darut

Republiknews.com
- Seperti yang diketahui PHBS  atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan  langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. 


Kondisi sehat tidak langsung terjadi, tetapi harus melakukan berbagai Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan kita. Sebuah tindakan dan perilaku hidup bersih dan sehat harus dilakukan atas dasar kesadaran diri sendiri sehingga keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam Kegiatan-kegiatan di masyarakat.                                           


Dalam menjalankan hidup sehari-hari sebaiknya kita selalu mengedepankan kesehatan tubuh dan jiwa kita, karena sehat itu nikmat, Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang tidak akan menghargai kesehatannya sendiri di saat dia masih sehat  akan tetapi di waktu sakit dia merasa bahwa begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang yang rela membayar milyaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit.


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.


Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat. 


Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses pengetahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. 


Manfaat PHBS itu sendiri yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan. 


Beberapa Tatanan PHBS yang melibatkan beberapa elemen dan merupakan bagian penting dari aktivitas -aktivitas kita dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. 

Berikut ini 5 tatanan PBHS antara lain:


1. PHBS di Sekolah 

Manfaat PHBS di Sekolah

PHBS di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Manfaat PHBS di Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.


2. PHBS di Rumah tangga

Manfaat PHBS di Rumah Tangga

Menerapkan PHBS di rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan. Manfaat PHBS di rumah tangga antara lain, setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tidak mudah terkena penyakit, rumah tangga sehat mampu meningkatkan produktivitas anggota rumah tangga dan manfaat PHBS rumah tangga selanjutnya adalah anggota keluarga terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat dan anak dapat tumbuh sehat dan tercukupi gizi.


3. PHBS di Tempat kerja

Manfaat PHBS di Tempat Kerja

PHBS di Tempat kerja adalah kegiatan untuk memberdayakan para pekerja agar tahu dan mau untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan berperan dalam menciptakan tempat kerja yang sehat. manfaat PHBS di tempat kerja yaitu para pekerja mampu meningkatkan kesehatannya dan tidak mudah sakit, meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan citra tempat kerja yang positif.


4. PHBS di Sarana kesehatan  

Manfaat PHBS di masyarakat adalah masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat.


5. PHBS di Masyarakat

Indikator PHBS di Masyarakat

PHBS di Sekolah merupakan langkah untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar bisa dan mau melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam menciptakan sekolah yang sehat.


Manfaat PHBS  secara umum, adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. 


Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas.


PENDAPAT 

Dalam Kegiatan PHBS kita harus tahu,mau dan mampu menjalankan perilaku PHBS demi melindungi diri kita sendiri dan menciptakan kesehatan yang optimal 


SARAN

Sebaiknya kita harus menerapkan dan meningkatkan Perilaku hidup bersih dan Sehat guna untuk mencapai hal yang baik di dalam diri kita dan meningkatkan derajat kesehatan kita dengan PHBS juga masyarakat dapat mengenal guna nya kehidupan bersih dan sehat.

      

KESIMPULAN

(PHBS ) perilaku hidup bersih dan sehat merupakan langkah awal untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi Individu dan masyarakat yang secara sadar oleh individu ataupun kelompok demi meningkatkan kualitas hidup dan mencegah masalah kesehatan.



Oleh  : Marisa Yolanda Putri Darut

Prodi Keperawatan,

 NPM:  22201133

Mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.