GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Upaya Tenaga Kesehatan Dalam Penerapan Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Masyarakat

Hildegonda Juwita, Mahasiswi Prodi Keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

OPINI : Upaya Tenaga Kesehatan Dalam Penerapan Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Masyarakat 

Manggarai,Republiknews.com-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu keadaan dimana masyarakat harus peduli dengan kesehatan yang berarti salah satu bentuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatannya baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial.


 Untuk terwujudnya hidup bersih dan sehat harus dipraktikkan secara terus menerus agar menjadi suatu pola kebiasaan. 


Menurut Skiner yang dikutip oleh Soekidyo (2013) perilaku hidup bersih dan sehat adalah suatu respon seseorang (organisme) terhadap stimulasi atau objek yang berkaitan dengan sistem pelayanan kesehatan, makanan dan minuman serta lingkungan. PHBS dapat menolong diri kita agar terbebas dari penyakit. 


Adapun PHBS menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia (1997) adalah upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. 


Namun masih banyak masyarakat mengabaikan hal tersebut yang akan berdampak negatif pada mereka seperti Sindrom Metabolik. Ini adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. 


Sindrom metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Efek dari tidak hidup bersih dan sehat juga akan mengakibatkan anak-anak gampang terkena cacingan, diare, terjadinya penyakit kulit, dan jentik nyamuk berkembang biak. Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan tersebut diantaranya adalah pencemaran udara, air, dan tanah. 


Oleh karena itu upaya tenaga kesehatan dalam kondisi ini mereka melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan cara pengendali:

1. Pencemaran Udara

Kurangi polusi asap kendaraan

Tidak membakar hutan sembarangan

Menanam pohon

Menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan

Mengurangi kendaraan bermotor

2. Pencemaran Air

Tidak membuang sampah disungai atau sumber air lainnya

Rutin melakukan upaya pembersihan sumber air

Tidak membuang sisa minyak ke saluran pembuangan atau wastafel. Minyak menjadi salah satu unsur yang tidak dapat diurai

Pilih detergen, sabun, dan cairan pencucian piring yang ramah lingkungan

3. Pencemaran Tanah

Melakukan daur ulang sampah anorganik, seperti plastik, logam, kaca, dan dll.

Tidak membuang sampah detergen ke tanah atau saluran air

Menjaga kelestarian tanaman untuk mengurangi pengikisan lapisan humus tanah oleh air hujan. 


Melakukan remediasi yaitu kegiatan membersihkan permukaan yang sudah tercemar

Mengurangi penggunaan pestisida

Tidak membuang sampah sembarangan

Selain yang telah disebutkan dibatas adapun manfaat dari PHBS secara umum yaitu:

Keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit

Anak-anak tumbuh sehat dan cerdas

Terhindar dari bakteri dan kuman

Kurangnya risiko terkena penyakit

Ada juga upaya tenaga kesehatan dalam penerapan perilaku hidup sehat yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, protein, memperbanyak makan sayuran dan buah, berolahraga secara teratur, hindari minuman keras seperti alkohol, soda, tidak mengkonsumsi narkoba, rokok, makan secara teratur, serta hal-hal yang membahayakan kesehatan. 


Langkah-langkah selanjutnya yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuan adanya sosialisasi ini untuk mengetahui dan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam masyarakat seperti:

1. Mencuci tangan pake sabun (hand rub/ hand wash) sebelum makan dan sesudah feses

2. Memakai masker jika keluar rumah terlebih ketika mengunjungi keluarga yang masuk rumah sakit

3. Penggunaan air yang bersih

4. Tidak meludah sembarangan

5. Menyajikan makanan dalam keadaan selalu tertutup agar tidak dihinggapi serangga atau lalat

6. Memasak makanan dengan suhu yang tepat agar kuman dan bakteri mati

7. Mencuci sayur dan buah hingga bersih

8. Pemberantasan jentik nyamuk

9. Tidak BAB sembarangan

10. Tidak membuang sampah sembarangan

Tidak lupa juga tenaga kesehatan menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan imunisasi, atau vaksinasi sesuai anjuran dari tim kesehatan. Upaya tenaga kesehatan dalam PHBS dimasyarakat, tentu sangat bergantung dari kesadaran dan peran serta aktif masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing. 


Dengan adanya upaya tenaga kesehatan dalam PHBS dalam masyarakat dapat menyadarkan akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Karena disadarkan minimnya pengetahuan mengenai pentingnya pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. 


Dengan adanya kegiatan ini dapat mengatasi masalah kesehatan yang masih menjadi sebuah tantangan di Indonesia. Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar tenaga kesehatan untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi akan pentingnya hidup sehat. 


Kita harus terbiasakan diri hidup bersih dan sehat dengan menjaga pola makanan serta diimbangi olahraga, istirahat yang cukup, membersihkan lingkungan tempat tinggal sehingga dapat memperoleh kesehatan dan menjadi bekal dihari yang selanjutnya. 


Teruslah berubah menjadi pribadi yang mencintai hidup yang bersih dan sehat. Karena upaya ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan, informasi, dan sebagai bahan referensi bagi pembaca. Khususnya pada semua orang yang ingin hidup bersih dan sehat. 


Upaya Tenaga Kesehatan Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Masyarakat ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk membantu semua orang agar terhindarnya penyakit yang dapat merugikan masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat.


 Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.



Penulis :  Hildegonda Juwita

Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St.  Paulus Ruteng

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.