Iklan

Republiknews
Minggu, 11 Juni 2023, Juni 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-11T02:30:53Z
Jawa Timur

Kadivpas Ajak Masyarakat Kangean Perhatikan Warga Binaan Pemasyarakatan


ARJASA, Republiknews.com
- Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo berharap ada peran serta masyarakat Kepulauan Kangean dalam pembinaan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Khususnya yang saat ini menjalani pembinaan di Lapas III Arjasa.


Hal itu disampaikan Teguh saat mengunjungi Lapas III Arjasa di Pulau Kangean hari ini (11/ 6). Menurutnya, Lapas III Arjasa merupakan satker yang selama ini paling jarang dikunjungi.


"Karena jarak yang cukup jauh dari Surabaya, kami jadi jarang melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian di Lapas III Arjasa," terang Teguh.


Untuk itu, Teguh berharap ada partisipasi masyarakat dalam pengawasan lapas yang dipimpin M Irvan Muayat itu. 


"Kami harap masyarakat di bawah kepemimpinan pak Camat bisa memberikan kontribusi positif untuk lapas," harapnya.


Teguh menjelaskan, jika masyarakat malah menjauhi warga binaan, maka dikhawatirkan  warga binaan akan kembali ke jalan yang salah.


"Masyarakat tidak perlu takut, warga binaan kami ini sebelumnya juga bagian dari masyarakat, hanya saja sempat tersesat, agar tidak kembali lagi, tolong kami dibantu dalam proses pemasyarakatannya," pesannya.


Kalapas Irvan mengatakan bahwa penghuni Lapas III Arjasa berjumlah 26 orang. Termasuk lapas yang tidak mengalami overkapasitas karena kapasitasnya adalah 33 orang.


"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di tengah keterbatasan yang ada, tentunya dengan arahan dan masukan dari pimti pratama Kanwil Kemenkumham Jatim," tutur Irvan. 


Dalam kegiatan tersebut, Kadivpas juga meresmikan Ruang Pelayanan Kunjungan Lapas III Arjasa yang baru beroperasi. Diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan publik di Lapas Arjasa. (Humas Kemenkumham Jatim)