GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN TUBUH

Reinaldis Vildi,Mahasiswi Prodi keperawatan Unika St. Paulus Ruteng

 OPINI : MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN TUBUH

Republillknews.com-Madu merupakan cairan manis dengan tekstur kental dan lengket yang oleh lembah.

Madu mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.Maka tidak mengherankan jika madu banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagai obat mengatasi berbagai keluhan.


 Adapun manfaat lain dari madu yaitu:

1.Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Wajah  

Tak hanya dikenal sebagai pemanis yang alami,madu juga mempunyai manfaat lain yaitu mampu menjaga kesehatan kulit wajah.Madu dipercaya bisa  menghilangkan jerawat serta melembabkan kilit wajah .

Walaupun begitu,perlu juga beberapa bahan lain seperti jeruk nipis.Madu juga dapat membantu mengecilkan poro-pori diwajah serta memperhalus kulit wajah.


2.Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Madu juga mempunyai peran penting untuk menjaga sisem imun atau meningkatkan kekebalan tubuh.


Hal tersebut dikarenakanmadu mempunyai kandung nutrisi yang kompleks seperti vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk tubuh.


Hal tersebut dikarenkan madu mempunyai kandungan nutrisi yang kompleks seperti vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk tubuh.


3.Meredakan batuk 

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal ditenggorokan dan keinginan untuk batuk.Selain itu,berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.


4.Sebagai Anti Bakteri 

Madu juga mempunyai khasiat sebagai anti bakteri .Hal tersebut karena kandungan yang dimiliki madu bisa memperlambat laju bakteri bahkan bisa saja membunuhya.

Madu juga mampu membasmi bakteri yang ada didalam tubuh seperti misalnya bakteri Salmonella,E.colli.Madu juga mampu menjaga tubuh dari paparan radika bebas.


5.Menjaga kesehatan Jantung 

Senjawa fitonutrien pada madu diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya terbentuknya aterosklerosis.Beberapa penelitian juga membuktikan manfaat madu dalam menurunkan tekanan darah,serta mengurangi kadar oleh kolesterol jahat dan lemak dalam darah.


6.Mempercepat Penyembuhan Luka 

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu,terutam madu Manuka,bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka.Madu diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati,membunuh bakteri yang ada pada luka,dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.


Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar,lecet,dan luka diabetes,serta sebagai obat terkena air panas.Namun,perlu diingat bahwa madu yang bisa digunakan adalah madu yang terjamin steril.


Meski demikian,perlu diingat bahwa berbagai manfaat madu diatas masih memerlukan bukti dan belajar lebih selanjutnya.


Madu memiliki kandungan vitamin,asam,mineral dan enzim yang yang berguna bagi tubuh manusia.Semua kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional,antibodi,dan penghambat pertumbuhan sel kanker (Tumor).oleh karena itulah madu  sering mengkonsumsi madu sebagai pengobatan Alternatif.


Efek Samping yang bisa ditimbulkan jika mengkosumsi madu telalu berlebihan?

1.Menimbulkan Masalah Pencernaan 

Salah satu efek samping dari mengkonsumsi madu terlalu banyak adalah masalah dipencernaan.Hal ini karena kandungan fruktosa didalam madu dapat mempengaruhi kemampuan usus dalam menyerap nutrisi,sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti diare,kembung,dank ram perut


2.Menungkatkan Kadar Gula Darah 

Memang, madu bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari pada gula.Akan tetapi,madu juga memiliki kandungan gula sehingga bisa mengeluarkan rasa manis.Dalam sejumlah penelitian,mengkonsumsi madu dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah.


3.Memicu Kerusakan Gigi

Mengkonsumsi madu secara berlebihan ternyata dapat memicu kerusakan gigi detikers.Sebab,kandungan gula didalam madu dapat bereaksi dengan bakteri mulut,lalu kemudian menghsilkan asam yang dapat membuat gigi menjadi sensitif.


4.Meningkatkan Risiko Botulisme Pada Anak 

Apabila detikers memberikan madu dalam jumlah banyak kepada bayi dengan umur dibawah satu tahun,hal tersebut ternyata dapat menimbulkan efek samping .

Maka dari itu,sebaiknya hindari memberikan madu pada bayi yang sistem pencernaannya belum sempurna yang detikers. 

Jadi,jangan lupa mengkonsumsi madu setiap hari dalam jumlah secukupnya agar tidak menimbulkan efek samping.


Penulis: Reinaldis Vildi

Mahasiswi Program Studi Keperawatan, UNIKA SANTU PAULUS RUTENG.

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.