GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Multilateral Neval Exercise Komodo 2023, ini Respon Ketum PPB


Jakarta, Republiknews.com - 
Ketua Umum Perserikatan Pemuda Bangsa (PPB) Yana Maulidia Jusra menanggapi langkah Indonesia dalam Multilateral Neval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin (5/6) lalu. Ini langkah diplomasi pertahanan dan perdamaian yang dibutuhkan dunia.


“Kita sadari bersama bahwa Dunia sekarang ini dalam konflik dan ketegangan, coba lihat bagaimana perang saudara di Sudan terjadi, antar negara Rusia Ukraina yang melibatkan aliansi masing-masing, ketegangan Amerika Serikat dan China di laut China selatan, ini semua harus dihentikan. Saya kira posisi Indonesia yang resmi membuka latihan bersama komodo 2023 ini suda sangat jelas isyaratnya, ini langkah dplomasi pertahanan dan perdamaian bagi dunia. Terang Yana.


 Lanjut Yana, kami kira semua negara di dunia akan memahami maksud baik Indonesia. Sejarah kita sangat jelas dan terang dalam memperjuangkan kemerdekaan dan perdamaian dunia. Sejak republik ini berdiri hingga kini, Indonesia sangat konsisten bagi perdamaian. 


“Konsistensi Indonesia ini tertuang dalam amanat konstitusi, negara-negara di dunia kami harap mendukung setiap langkah Indonesia, mengingat posisi strategisnya sebagai sentrum dunia, serta sumbangsih negara ini bagi dunia internasional.“


Ia menambahkan, latihan bersama MNEK 2023 ini akan berdampak positif bagi pertahanan bersama baik nasional, regional maupun internasional ditengah perubahan geopolitik dan geoekonomi dunia. Sebagai ketua umum kami mengajak seluruh warga bangsa dan sekaligus warga dunia untuk mendukung dan mengapresiasi langkah Indonesia khususnya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono atas pelaksanaan Latihan Bersama Komodo 2023 ini. 


“Kami minta kepada Presiden Jokowi melalui menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI untuk meningkatkan Security Maritim kita, mengingat wilayah Indonesia yang hampir 70 persen adalah wilayah laut. hal ini dapat dimanfaatkan kaitannya dengan tantangan pangan dan energy global sekaligus menutup celah terorisme maritime lintas negara.” Tutup Yana via seluler Jumat (9/6/2023)


Diketahui, Indonesia secara resmi membuka Latihan Gabungan Multilateral Neval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar Sulawesi Selatan pada Senin (5/6/2023). Latihan gabungan non perang ini diikuti oleh angakatan laut dari 36 negara, termasuk Amerika, China, Jepang, Korea Selatan dan Rusia. Dikutip voaindonesia.


Sahril Hitimala


Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.