GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

PENGARUH PERKAWINAN USIA DINI SERTA PENCEGAHANNYA

Adeliana Fisimiano

Opini : PENGARUH PERKAWINAN USIA DINI SERTA PENCEGAHANNYA

Republiknews.com-Perkawinan dapat diartikan sebagai bentuk ikatan antara kedua pasangan  yang dilandasi atas perjanjian suci melalui pemberkatan perkawinan sesuai dengan keyakinan dari pasangan serta mendapat restu dari keluarga kerabat pemberi istri dan penerima istri. 


Perkawinan bisa dikatakan sebagai proses melahirkan keluarga baru dengan tujuan untuk memperoleh kebahagiaan dan merupakan  suatu kebutuhan pokok dari kehidupan manusia itu sendiri. 


Perkawinan adalah suatu perjanjian yang dilakukan oleh dua orang, dalam hal ini perjanjian antara seorang peria dengan seorang wanita dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga ) yang bahagia dan kekal itu haruslah dilandasi kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai asas pertama dalam Pancasila (Badruzaman : 2021 ). 


Perkawinan juga merupakan perpaduan dari dua insan, dalam suatu ikatan untuk menjalani kehidupan bersama (Hasanah : 2018). Perkawinan bagi manusia merupakan hal yang sangat diutamakan, karena dengan sebuah perkawinan seseorang akan memperoleh kepuasan batin serta keseimbangan hidup baik secara sosial, biologis, maupun psikologis. 


Oleh karena itu perlu diperhatikan kematangan emosi (Usia) dari pasangan untuk memperoleh keberhasilan dalam  rumah tangga baik istri maupun suami. 


Perkawinan pada usia yang tidak cukup usia merupakan peristiwa yang sering terjadi hal ini membuktikan bahwa tanggung jawab orang tua kepada anaknya sangat memprihatinkan. 


Peran orang tua merupakan landasan utama terhadap keberhasilan anak baik pada pendidikannya maupun  persiapan anak menuju perkawinan. Perkawinan pada umumnya dilakukan oleh orang yang cukup usia, dalam hal ini kematangan usia dari pasangan harus mencapai kriteria atau standar usia perkawinan.


 Jika hal ini di anggap sepele dapat mengakibatkan sesuatu yang sangat vatal dalam membangun kehidupan berumah tangga. Selain itu, kematangan usia bertujuan untuk mengantisipasi agar pernikahan tidak salah digunakan oleh manusia, seperti halnya menikah hanya mempersoalkan cinta tanpa memikirkan persiapan mental, serta ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 


Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 27 tanggal 24 Juli 1983 tentang usia perkawinan batas usia untuk seorang pria 25 tahun dan untuk seorang wanita 20 tahun.  


Instruksi ini bertujuan agar mengantisipasi perkawinan pada usia dini. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk hidup atau membangun  rumah tangga kedua pasangan harus memikirkan terlebih dahulu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. 


Perkawinan pada usia dini menimbulkan berbagai resiko dalam jangka panjang. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai jenis usaha agar tidak terjadi masalah perkawinan belum cukup umur. 


Dalam  hal ini, keluarga yang adalah orang tua merupakan lingkungan pertama manusia sebelum mengenal alam sekitar  sangat berperan penting terutama pengetahuan tentang pengaruh pernikahan pada usia dini. Yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah komunikasi antara orang tua dengan anak. Membangun relasi yang baik dengan anak merupakan salah satu solusi agar perkawinan pada usia dini bisa diatasi. 


Komunikasi keluarga merupakan bentuk pembentukan karakter dari seorang anak. Hal ini, komunikasi sangat penting untuk dilakukan terlebih khusus pada anak yang masih membutuhkan kasih sayang dari orang tua.


 Komunikasi akan mengalami perubahan jika anak injak pada usia 12 tahun ke atas. Karena pada usia ini proses kematangan kognitif anak mulai terbentuk. Pada usia inilah peran orang tua sangat penting untuk diterapkan agar anak tidak salah dalam memilih jalan hidupnya.  


Jadi dapat di simpulkan bahwa orang tua merupakan fundasi atau asas dalam pendidikan anak terlebih khusus pada pendidikan karakter anak. 



Penulis: Adeliana Fisimiano 

Mahasiswi Program Studi Keperawatan, UNIKA SANTU PAULUS RUTENG.

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.