GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

DPRD Harapkan Lomba Kampung Surabaya Hebat Berikan Multiplier Effect ke Warga


Surabaya, Republiknews.com -
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar kompetisi lingkungan, yang pada tahun ini bertajuk ‘Lomba Kampung Surabaya Hebat’ dengan tema ‘Tuntas Kelola Sampah Dengan Penerapan Ekonomi Sirkular’. 


Launching Lomba Kampung Surabaya Hebat digelar hari ini, Senin (10/07/2023), di Gedung Balai Pemuda Surabaya yang juga dihadiri oleh Fasilitator Lingkungan dari Kader Surabaya Hebat, serta Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti dan Laila Mufidah.


Berbeda dengan tahun sebelumnya, Agus Hebi Djuniantoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya mengatakan, penilaian Kampung dilihat dari beberapa indikator, meliputi hebat Lingkungan, Hebat Ekonomi, Hebat Kesehatan, Hebat Sumber Daya Manusia, serta Hebat Teknologi.


Reni Astuti mengatakan, DPRD Kota Surabaya senantiasa mendukung program-program baik yang dijalankan Pemkot. Lomba Kampung Surabaya Hebat diharapkan memberikan multiplier effect ke warga.


Dari sisi libgkingan, bisameningkatkan partisipasi masyarakat warga Kota Surabaya untuk bersama menyelesaikan persoalan sampah.”Jadi tentu kita berharap dengan Lomba Kampung Surabaya Hebat ini akan semakin banyak kampung-kampung hebat yang ada di Kota Surabaya, utamanya di bidang lingkungan,” ungkap Reni.


Ada juga dampak pada sektor ekonomi. Sehingga, di samping kampung yang ramah lingkungan, bebas dari sampah, kampung tersebut juga berdaya secara ekonomi, bahkan berdampak pada banyak sektor lainnya.


“Jadi sebenarnya kita awal masuk di bidang lingkungan, tapi sesungguhnya ada nanti ekonominya, kemudian dampak pendidikannya, kemudian kebersamaan, keguyuban, kemudian bicara keamanan. Kalau ini kemudian dari 1.360 RW yang ada di Kota Surabaya nanti, katakanlah saja misal separohnya, ini bisa menjadi Kampung Surabaya Hebat dengan indikator yang sudah ditetapkan, ini akan luar biasa,” jelasnya.


Ada sekitar 1.360 RW yang mengikuti lomba tersebut. Reni di akhir wawancara mengungkapkan, kompetisi ini bukanlah sekadar lomba, tetapi akan membentuk karakter, akan menguatkan upaya-upaya Pemkot mulai dari tingkat Kota sampai di tingkat kampung bersama dengan warga untuk menjadikan Surabaya yang bersih, sehat, dan hebat.


“Jadi kami sangat mensupport, terkait dengan Lomba Kampung Surabaya Hebat, dan terima aksih juga kepada Jawa Pos yang menjadi media partner. Semoga akan semakin menjadikan lomba pada tahun ini lebih baik dari lomba-lomba di tahun sebelumnya,” ucap Reni


[redho]

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.