GpdlGfO6GUAiTpMpTfr6GSOo

Slider

Pemkot Surabaya Beri Bantuan Seragam Sekolah Gratis, Wali Kota Eri: Jangan Pura-pura Miskin


Surabaya, Republiknews.com -
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meyakinkan warga miskin untuk tidak perlu khawatir tak mampu membeli seragam sekolah untuk putra-putrinya, sebab Pemerintah Kota telah memberikan bantuan belasan ribuan seragam gratis.


Sebelumnya, melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya memberikan seragam gratis untuk keluarga miskin (Gamis) sebanyak 11 ribu. Dengan rincian 4 ribu untuk SDN dan 7 ribu untuk SMPN.


Eri menegaskan bahwa Pemkot Surabaya telah memberikan bantuan tersebut berupa seragam, sepatu, dan tas secara gratis untuk warga miskin.


Meski gratis, Eri mengingatkan untuk warga Surabaya untuk jangan berpura-pura menjadi keluarga miskin (gamis). Sebab, hal itu justru merugikan warga yang benar-benar kurang mampu dan membutuhkan bantuan dari pemerintah.


"Saya nyuwun (minta) kepada warga Surabaya, yang tidak miskin jangan pura-pura miskin (untuk dapat seragam gratis,"tegas Eri, Minggu (30/7/2023).


Dirinya juga menerangkan, tidak ada kewajiban bagi pelajar untuk mengganti seragam setiap setahun sekali. Siswa cukup hanya mengganti bed pada setiap kenaikan kelas.


"Nggak ada setiap tahun (ganti), pancet (sama) kok. Yang berubah hanya bednya, habis kelas 2 ganti ke kelas 3," ujarnya.


Eri juga mengingatkan kepada seluruh sekolah SD-SMP di Kota Surabaya, khususnya negeri untuk tidak menjual seragam di atas harga pasaran.


"Sebenarnya koperasi diperbolehkan, harganya tidak boleh lebih tinggi dari pasaran. Tidak semua anak itu bisa (membeli seragam) ke luar, lebih cepat di koperasi ya nggak apa, itu lebih mempermudah, tapi tidak ada paksaan membeli semuanya di koperasi,"jelasnya.


Lebih lanjut Eri juga meminta kepada seluruh sekolah untuk tidak mengganti seragam setiap setahun sekali.


"Sekolah jangan pernah memberikan harga yang tidak masuk akal. Kalau ada yang diperlakukan seperti itu oleh sekolah, tolong orang tua sampaikan secara langsung ke saya atau masuk hotline Dispendik," pungkasnya


[redho]

Special Ads
Special Ads
Special Ads
© Copyright - Republiknews
Berhasil Ditambahkan

Type above and press Enter to search.